Mengenal Nitrogen Oksida, Gas yang Muncul pada Ledakan di Lebanon

Kompas.com - 06/08/2020, 17:50 WIB
Helikopter memadamkan api di lokasi ledakan di kawasan pelabuhan di Beirut, Ibu Kota Lebanon, Selasa (4/8/2020). Sebanyak 73 orang tewas dan ribuan lainnya dilaporkan terluka dari insiden dua ledakan besar yang mengguncang Beirut tersebut. AFP/STRHelikopter memadamkan api di lokasi ledakan di kawasan pelabuhan di Beirut, Ibu Kota Lebanon, Selasa (4/8/2020). Sebanyak 73 orang tewas dan ribuan lainnya dilaporkan terluka dari insiden dua ledakan besar yang mengguncang Beirut tersebut.

KOMPAS.com - Seorang ahli kimia dari sekolah Forensic, Environmental and Analytical Chemistry di Flinders University, Australia, Stewart Walker, mengungkap munculnya gas nitrogen oksida dalam ledakan yang terjadi di Kota Beirut, Lebanon.

Dilansir Reuters, Rabu (5/8/2020), ia menyebut nitrogen oksida ini muncul dari amonium nitrat yang terbakar.

Diketahui, ledakan di Lebanon yang menewaskan setidaknya 135 orang dan melukai 5.000 orang diduga berasal dari 2.750 ton amonium nitrat yang tersimpan di dalam sebuah gudang di kawasan pelabuhan selama enam tahun lamanya.

Walker mengatakan keberadaan nitrogen oksida dapat dilihat dari video ledakan di Lebanon pada Selasa (4/8/2020) yang tersebar di media sosial.

"Rekaman video dari insiden tersebut menunjukkan asap putih-abu-abu yang diikuti dengan ledakan yang melepaskan awan asap besar berwarna merah kecokelatan dan 'awan jamur' putih besar," ujar Walker.

"Hal ini menujukkan bahwa gas yang dilepaskan adalah uap amonium nitrat putih, nitrogen oksida merah atau cokelat dan air," lanjut dia.

Baca juga: Ledakan di Lebanon akibat Amonium Nitrat, Apa Dampaknya bagi Kesehatan?

Lantas, apa itu nitrogen oksida dan apa saja dampaknya bagi manusia?

Dilansir Healthline, 28 Agustus 2018, nitrogen oksida adalah zat yang tidak berwarna dan tidak berbau.

Gas itu sering juga disebut dengan gas tertawa, karena saat terhirup gas dapat memperlambat waktu reaksi tubuh, kemudian menghasilkan perasaan tenang dan gembira.

Nitrogen oksida dapat digunakan untuk mengobati nyeri. Zat ini juga berfungsi sebagai obat penenang ringan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X