Uji Vaksin Corona Fase 1 Novavax Tunjukkan Hasil Baik, hingga Harapan Vaksin Tersedia pada 2021

Kompas.com - 06/08/2020, 13:40 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Perusahaan Amerika Serikat, Novavax, Inc telah merilis hasil penelitian yang menunjukkan vaksin corona virus yang tengah dikaji aman dan memunculkan respons kekebalan, pada Selasa (4/8/2020).

Data pengujian fase 1 menunjukkan, dari 131 sukarelawan yang diberikan dua dosis vaksin , mereka mengembangkan antibodi penetral pada tingkat yang rata-rata lebih dari empat kali lebih tinggi dibandingkan antibodi yang dikembangkan oleh orang yang telah pulih dari Covid-19.

Antibodi ini menjadi penawar melawan virus yang menyebabkan Covid-19.

"Itu bagus. Itu sangat menggembirakan," kata Presiden Novavax, Dr. Gregory Glenn seperti dilansir dari CNN, 5 Agustus 2020.

Vaksin juga menginduksi respons dari sel-T, sejenis sel kekebalan. Menurut analisis, hal tersebut terlihat pada 16 sukarelawan yang dipilih secara acak.

Laporan tersebut telah diserahkan ke jurnal medis, tetapi belum ditinjau oleh para ilmuwan di luar Novavax.

Mereka yang menjalani uji dalam penelitian ini menerima satu atau dua dosis vaksin dengan berbagai dosis.

Baca juga: AS Lipat Gandakan Anggaran untuk Vaksin Covid-19 Produksi Moderna

Beberapa partisipan juga mendapat ajuvan, yaitu komponen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mereka yang menerima dua dosis dengan ajuvan memiliki respons imun terbaik.

Dari 106 subjek penelitian yang menerima vaksin, lima mengembangkan efek samping yang parah, termasuk nyeri otot, mual dan nyeri sendi, dan satu subjek penelitian mengalami demam ringan. Efek samping berlangsung rata-rata dua hari atau kurang dari dua hari.

Sementara itu, 25 relawan mendapat suntikan plasebo, tiga di antaranya menunjukkan efek samping.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X