AS Lipat Gandakan Anggaran untuk Vaksin Covid-19 Produksi Moderna

Kompas.com - 27/07/2020, 17:02 WIB
Tanda masuk ke kantor Moderna di Norwood, Massachussets, Amerika Serikat. Moderna telah melakukan uji coba vaksin corona ke manusia pada awal Maret. Foto diambil pada 25 Februari 2020. CJ GUNTHER/EPA-EFETanda masuk ke kantor Moderna di Norwood, Massachussets, Amerika Serikat. Moderna telah melakukan uji coba vaksin corona ke manusia pada awal Maret. Foto diambil pada 25 Februari 2020.

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan farmasi dan para peneliti di dunia terus berupaya menemukan vaksin yang tepat untuk Covid-19.

Sejumlah vaksin hasil pengembangan telah menunjukkan hasil uji klinis yang membawa optimisme bagi masyarakat dunia, bahwa pandemi Covid-19 akan segera teratasi.

Salah satunya, vaksin yang diproduksi oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Moderna.

Dilansir dari The Straits TimesSenin (27/7/2020), AS telah menganggarkan hampir 1 miliar dollar AS untuk pengembangan vaksin dari Moderna.

Dana ini disediakan karena vaksin yang sudah memulai fase akhir uji klinisnya ini dianggap potensial sehingga negara mendukung percepatan pengembangannya.

Saat ini, pemerintah yang ada di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump berencana menggelontorkan dana sebesar 472 juta dollar AS, menambah 483 juta dollar AS yang diberikan sebelumnya.

Hal itu disampaikan oleh perusahaan bioteknologi tersebut pada Minggu (26/7/2020).

Baca juga: Ada Anggapan Indonesia Jadi Kelinci Percobaan Vaksin China, Ini Tanggapan Bio Farma

Perusahaan menyebut dana investasi tambahan itu digunakan untuk memperluas sampel pada uji klinis ketiga secara signifikan, yakni mencakup 30.000 peserta.

Pada uji coba sebelumnya, yang melibatkan sampel dalam skala kecil (45 sampel), vaksin ini terbukti mampu menghasilkan antibodi untuk virus corona.

Artinya, virus berpotensi efektif untuk menangkal infeksi virus pada tubuh seseorang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X