5 Bahan Makanan untuk Imunitas Tubuh pada Obat Tradisional India

Kompas.com - 26/07/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi sayuran beku (frozen vegetables). SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi sayuran beku (frozen vegetables).

KOMPAS.com - Kasus virus corona masih mengalami peningkatan setiap harinya, semua orang tentu menjadi resah dan cukup khawatir. 

Khawatir apabila diri sendiri atau keluarga dan orang-orang sekitar tertular virus penyebab Covid-19. 

Kendati demikian, upaya pertahanan yang harus diutamakan salah satunya yakni memilih makanan yang sehat agar meningkatkan sistem kekebalan alami tubuh.

Salah satu yang dikenal memiliki khasiat mencegah penyakit dan menyembuhkan infeksi adalah bahan makanan dan tanaman untuk metode pengobatan Ayurveda

Ayurveda adalah ilmu kesehatan yang berasal dari negara India dan telah dikenal lebih dari 5.000 tahun.

Dilansir dari SCMP, (29/6/2020), berikut ini bahan makanan yang biasa digunakan dalam obat tradisional India, Ayurveda. 

1. Gooseberry

Gooseberryshutterstock Gooseberry

Salah satu bahan makanan yang digunakan dalam obat tradisional India, Ayurveda, yaitu Gooseberry.

Formulasi paling umum yakni chyawabprash yang dibuat dengan gooseberry dan rempah-rempah, yang telah menjadi makanan pokok di rumah tangga India selama bertahun-tahun.

Chyawanprash telah dikenal untuk meningkatkan pencernaan, memperkuat sistem pernapasan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurut, seorang konselor gizi khusus nutrisi olahraga, Dr Khushboo Thakker Garodia mengungkapkan, gooseberry juga dikemas dengan nutrisi penting lainnya seperti zat besi, magnesium, dan vitamin B.

Baca juga: Mengenal Ayurveda, Pengobatan Tradisional Tertua dari India

Gooseberry merupakan buah kuno, seukuran buah anggur, dan bergizi. Buah ini memiliki banyak penggemar, mulai dari Presiden Amerika Abraham Lincoln, yang dikabarkan menyukai kue pai-nya yang dipanggang, hingga praktisi pengobatan tradisional India.

Ayurveda telah memasukkan gooseberry India, atau amla, dalam banyak formulasi obat, terutama karena kandungan vitamin C yang kaya (20 kali lebih banyak dari jus lemon), untuk menangkal penyakit umum dan membangun kekebalan.

“Kombinasi ini sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan dan metabolisme. Buah ini membantu mencegah infeksi virus dan bakteri, termasuk pilek dan batuk," ujar Garodia.

Gooseberry mudah dimakan dengan cara diparut dan mentah dengan madu, diiris dan dicampur dengan salad, atau dalam bentuk bubuk.

2. Neem

Buah Neemshutterstock Buah Neem

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X