Survei CDC: Pasien Covid-19 Ada yang Merasakan Gejala hingga Berminggu-minggu

Kompas.com - 26/07/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Informasi mengenai Covid-19 terus berkembang dari hari ke hari seiring dengan penelitian yang terus dilakukan untuk mengetahui lebih jauh virus corona jenis baru ini. 

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa gejala virus corona dapat bertahan selama berminggu-minggu, bahkan pada orang sehat yang tidak memiliki kasus virus yang parah.

Dilansir dari CNN, Sabtu (25/7/2020), hal tersebut diungkap dalam analisis baru Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat.

CDC melakukan survei terhadap 292 orang yang dites positif corona. Sebanyak 35 persen di antaranya mengaku masih belum kembali sehat atau normal bahkan dua hingga tiga minggu setelah dites positif.

Sementara itu, mereka yang berusia lanjut lebih mungkin merasakan gejala yang berkepanjangan.

Bahkan, orang dewasa muda tanpa kondisi yang mendasarinya melaporkan merasa tidak sehat untuk jangka waktu yang lama menurut CDC.

Baca juga: Survei CDC: Hampir Semua Pasien Covid-19 Alami 1 dari 3 Gejala Ini, Apa Saja? 

The Washington Post, Jumat (24/7/2020), menyebutkan, 1 dari 5 orang berusia 18-34 tahun tanpa masalah kesehatan mendasar (komorbid), juga mengakui merasa sakit selama beberapa minggu.

Perkembangan di AS

Di Amerika Serikat, kasus Covid-19 masih terus mengalami lonjakan tinggi. Kasus di negara itu telah lebih dari 4 juta.

Oleh karena itu, para ahli kesehatan menekankan pentingnya testing untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Masyarakata juga diingatkan bahwa orang yang tidak menunjukkan gejala (asimptomatik) dapat menyebarkan virus.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X