Laut Kaspia, Mengapa Danau Terbesar di Dunia Ini Disebut sebagai Laut?

Kompas.com - 19/07/2020, 15:31 WIB
Laut Kaspia ShutterstockLaut Kaspia

KOMPAS.com -Laut Kaspia atau Caspean Sea, merupakan sebuah wilayah perairan di tengah daratan yang dikelilingi oleh negara-negara Asia Barat dan Tengah.

Pada umumnya, kita mengenal istilah lautan sebagai perairan luas yang tidak tersekat wilayah daratan, namun sebaliknya lautlah yang mengelilingi daratan.

Tapi bukan seperti ini kondisi Kaspia.

Dia adalah perairan dengan luas 371.000 km persegi di tengah daratan yang membuatnya menjadi danau terbesar di dunia.

Baca juga: Menyelisik Klaim China atas Laut Natuna...

Jika begitu, lalu mengapa Kaspia disebut sebagai laut?

Laut atau danau?

Melansir The Scientist, perairan dengan kedalaman maksimum 1.025 meter ini sebenarnya tetap bisa disebut sebagai danau, bisa juga disebut sebagai laut.

Kaspia disebut sebagai laut karena luasnya yang tidak biasa dan airnya yang memiliki rasa asin, tapi tidak seasin lautan.

Hal itu disebabkan oleh adanya aliran air tawar, terutama dari sisi utara.

Namun secara karakteristik, Kaspia adalah danau, karena terletak di tengah daratan dia tidak terhubung ke lautan luas karena terbentengi wilayah daratan.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, wilayah perairan masih tergolong laut apabila sebagian sisinya saja yang dibatasi daratan. Tapi Kaspia seluruhnya, maka dia bukan laut.

Baca juga: Dapat 56 Juta Dollar AS dari Norwegia, Benarkah Emisi Karbon Indonesia Dikatakan Turun?

Sumber daya minyak 

Laut KaspiaBritannica Laut Kaspia

Ada daratan Iran di sisi selatan, Turkmenistan di timur, Azerbaijan di barat, dan Kazakstan serta Rusia di sisi utaranya.

Jika benar Kaspia adalah danau, maka ia adalah 40 persen dari total luas danau yang ada di seluruh penjuru dunia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X