Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Jonan, Susi Pudjiastuti hingga Rudiantara Masuk Bursa Bos BUMN...

Kompas.com - 30/11/2019, 18:33 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi sorotan publik setelah dirinya menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) baru-baru ini.

Penunjukkan itu disampaikan Erick Thorhir di kompleks Istana Kepresidenan pada Jumat (22/11/2019).

Tak hanya Ahok saja yang menjadi salah satu nama dari bos BUMN, namun beredar juga nama-nama lain yang dikabarkan akan mengisi jabatan di sejumlah perusahaan pelat merah, antara lain Ignasius Jonan, Susi Pudjiastuti, Chandra Hamzah, dan Rudiantara.

Ignasius Jonan

Menteri SDM, Ignasius Jonan tiba sebelum acara  pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Menteri SDM, Ignasius Jonan tiba sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)

Mantan Menteri Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Ignasius Jonan dikabarkan akan menjabat di salah satu BUMN.

Tetapi, Erick Thohir mengaku belum mendengar kabar tersebut.

"Saya tidak komen karena belum pernah dengar, nanti takut salah. Mungkin media yang berasumsi kali. Saya tidak bisa jawab kalau belum pernah dengar, nanti salah," ujar Erick saat acara Rapimnas Kadin 2019, Nusa Dua, Bali, Jumat (29/11/2019).

Kendati demikian, ia menilai sosok Jonan memiliki kapabilitas yang bagus.

Baca juga: Perbandingan Gaji Menteri, Staf Khusus Presiden, hingga Bos BUMN, Mana yang Tertinggi?

Susi Pudjiastuti

Menteri Perikanan, Susi Pudjiastuti tiba sebelum acara  pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Menteri Perikanan, Susi Pudjiastuti tiba sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)

Selain Jonan, muncul nama Susi Pudjiastuti yang digadang-gadang juga akan mengisi posisi sebagai petinggi di salah satu perusahaan BUMN.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut dikabarkan akan menjabat sebagai Direktur Utama BUMN.

Namun, lagi-lagi hal itu dibantah oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Saat dikonfirmasi kepada Susi, ia mengaku tidak tahu menahu terkait rencana untuk menjadikannya bos BUMN.

"Tidak, tidak tidak. Yang tentang BUMN tidak dengar dan tidak tahu," ungkap Susi seperti diberitakan Kompas.com (30/11/2019).

Baca juga: Beda Kebijakan Edhy Prabowo dengan Susi Pudjiastuti...

Chandra Hamzah

Mantan Komisioner KPK, Chandra Hamzah menghadiri undangan pertemuan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (18/11/2019).KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARI Mantan Komisioner KPK, Chandra Hamzah menghadiri undangan pertemuan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (18/11/2019).
Selain Susi dan Jonan, mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra Hamzah pun menjadi salah satu orang yang dipanggil Erick Thohir ke kantor BUMN pada Senin (18/11/2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com