Status Gunung Agung Bali Diturunkan ke Level Waspada

Kompas.com - 17/07/2020, 06:02 WIB
Asap mengepul dari kawah Gunung Agung terlihat dari kawasan Besakih, Karangasem, Bali, Senin (2/7/2018).  ANTARA FOTO/FIKRI YUSUFAsap mengepul dari kawah Gunung Agung terlihat dari kawasan Besakih, Karangasem, Bali, Senin (2/7/2018).

KOMPAS.com – Status Gunung Agung, Bali, diturunkan dari Level III (Siaga) ke Level II (Waspada).

Penurunan status tersebut dilakukan terhitung mulai Kamis (16/7/2020) pukul 15.00 WITA.

“Berdasarkan hasil analisis data pengamatan visual dan instrumental maka status tingkat aktivitas Gunung Agung diturunkan dari Level III (Siaga) ke Level II (Waspada),” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) Kasbani melalui keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (16/7/2020).

Keputusan penurunan status karena berdasarkan pemantauan aktivitas Gunung Agung menunjukkan adanya  penurunan.

Visual Gunung Agung pada periode 1 Januari 2020-16 Juli 2020 didominasi oleh asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis dan ketinggian sekitar 20-150 meter di atas puncak.

Gunung Agung terakhir mengalami erupsi pada 13 Juni 2019 pukul 01.38 WITA.

Kini, aktivitas permukaan didominasi oleh embusan dengan intensitas lemah hingga sedang.

“Secara visual dapat teramati jelas terjadi penurunan aktivitas permukaan kawah yang cukup signifikan,” kata Kasbani.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gunung Agung Meletus, Tewaskan 1.600 Orang

Aktivitas kegempaan di Gunung Agung dalam satu tahun terakhir juga disebut mengalami penurunan, di mana sesekali masih terekam tetapi jumlah tidak signifikan.

Kasbani menyebutkan, hal ini menjadi indikasi bahwa pergerakan magma masih terjadi di dalam gunungapi, namun intensitas rendah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X