Melacak Gempa yang Pernah Melanda Jakarta dan Banten hingga Tahun 1833

Kompas.com - 07/07/2020, 16:15 WIB
Ilustrasi gempa, gempa Banten ShutterstockIlustrasi gempa, gempa Banten

KOMPAS.com - Hingga siang ini, Selasa (7/7/2020), sejumlah gempa bumi kembali dirasakan di wilayah Indonesia. Salah satunya terjadi di 18 km barat daya Rangkasbitung yang dirasakan hingga Jakarta. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi berkekuatan 5,4 M pada Selasa (7/7/2020) itu terjadi pukul 11.44 WIB.

Adapun pusat gempa terjadi di kedalaman 82 km dan tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa ini berada di 18 km barat daya Rangkasbitung, Banten dan dirasakan sebagian warga Jakarta, Tangerang, hingga Depok. 

Mengutip Kompas.com, Selasa (7/7/2020), Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, ST, Dipl Seis, MSc mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan jenis gempa menengah akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

Baca juga: 5 Gempa Berkekuatan 4,0-6,2 M yang Guncang Wilayah Indonesia Hari Ini

Gempa bumi yang dirasakan di Jakarta dan Banten dan dipengaruhi oleh lempeng-lempeng ini memang seringkali terjadi.

Riwayat gempa bumi

Pada bulan Agustus 2019 lalu, terjadi gempa berpotensi tsunami di Banten, tepatnya pada 2 Agustus 2019.

Gempa dengan magnitudo 7,4 tersebut juga terasa hingga Jakarta, Depok, Bekasi, bahkan Solo.

Melansir Kompas.com, 2 Agustus 2019, saat itu, pakar tsunami dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Abdul Muhari mengungkapkan bahwa posisi gempa di megathrust Selat Sunda.

Megathrust Selat Sunda sendiri adalah wilayah pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia yang lama diketahui dapat memicu gempa besar dan tsunami. 

Pada tahun 2018, juga pernah terjadi gempa yang mengguncang Jakarta dan diketahui berpusat di Lebak, Banten, dengan kekuatan 6,4 M.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X