Viral Informasi Pembagian Bibit Pohon Gratis dari KLHK, Ini Penjelasannya...

Kompas.com - 03/07/2020, 16:31 WIB
Tangkapan layar pesan di Whatsapp tentang pembagian bibit gratis KLHK WhatsappTangkapan layar pesan di Whatsapp tentang pembagian bibit gratis KLHK

KOMPAS.com - Sebuah pesan beredar di grup Whatsapp yang menyebutkan adanya pembagian bibit gratis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis (2/7/2020).

Pesan tersebut menjelaskan adanya program yang disebut-sebut dari KLHK soal pembagian bibit pohon gratis di wilayah Yogyakarta.

Berikut ini narasi dari pesan yang beredar itu:

Untuk yg perlu bibit pohon, ada program bagus nih dari Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan

Disediakan gratis. Tapi bukan tanaman hias ya, ini tanaman buah dan tanaman penghijauan.

Satu KTP bisa ambil maksimal 25 pohon terdiri dari 5 pohon buah dan 20 pohon penghijauan.
Waktu pengambilannya Senin-Sabtu jam 08-15.

Lokasinya di : KANTOR UNIT PUSAT KEARSIPAN KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN,
Jogja di Kantor BPDAS HL dekat Dagadu Gedong Kuning

Lokasi bisa search di Gmaps, itu titiknya udah persis di lokasinya, gak meleset semeterpun. Jadi kalo buka Gmaps, ikutin jalannya, Insya Allah nyampe.
Prosedur ngak sulit SAMA SEKALI. Pegawai KLHK yang melayani ramaaaah sekali. Mempersilakan mengambil bibit apa saja, nganter keliling² dan menjelaskan ada bibit apa saja di sana. Mereka bahkan mempersilakan foto² dan share infonya agar banyak orang yang mengambil bibit tanaman ke sana.

Syaratnya satu :
BUKAN BUAT DIJUAL LAGI. Tapi memang untuk penghijauan dan dirawat sendiri di rumah. Kalau mau ambil partai besar untuk komunitas atau lingkungan rumah pun bisa, tinggal buat proposal saja. Dan proposalnya pun ada contohnya di sana, bisa nyontek.

Tak dipungut biaya sama sekali (tapi boleh lah bawain kue buat si Mas yang nganter keliling² juga untuk buruh tanam yang kerja di sana. Saya pribadi prefer gak kasih uang ya).

Jadi monggo yang mau ambil bibit gratis bisa langsung ke sana. Ada pohon MANGGA, JAMBU, DURIAN, MACAM2 JAMBU KELENGKENG MATOA SIRSAK PETAI, pohon Trembesi, cemara udang, gaharu, sengon, dan lain².

Totalnya ada sekitar 39 jenis pohon di sana, kita bisa ambil GRATIS 25 polybag.

Keren deh ini programnya Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan....Hanya pake KTP saja. Oh iya, KTP-nya bebas bisa KTP dari penduduk daerah mana saja.

Jadi buat teman² dari daerah kalo memungkinkan, bisa lho diarrange buat ambil bibit ke sini. Dalam partai besar sekali pun bisa asalkan sudah siapkan proposalnya dulu. Tapi ambil sendiri yaaaa, mereka tak sedia delivery atau anter² pohon.

Yuk, tanam² supaya bumi ini jadi lebih hijau...

Baca juga: Mau Bibit Gratis dari Kementerian Lingkungan Hidup? Ini Caranya!

Penelusuran Kompas.com

Terkait informasi pemberian bibit gratis tersebut, Kompas.com menghubungi Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Serayu Opak Progo Sri Handayaningsih. 

Menurut dia, ada sejumlah informasi yang tidak tepat mengatasnamakan BPDASHL Serayu Opak Progo terkait pemberian bibit gratis tersebut. 

"Memang program itu dari KLHK, tapi soal WA yang tersebar kami kaget. Saya yakin sumbernya bukan dari kantor saya. Karena jelas salah, kantor kearsipan adanya di Cimanggis," kata Ning sapaanya, saat dihubungi, Jumat (3/7/2020)

Ning menjelaskan, masing-masing kantor BPDASHL mempunyai tempat persemaian permanen. Di Yogyakarta sudah dimulai sejak 2011.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X