Penipuan CPNS Mencatut Bupati Tegal, Ini Penjelasan BKN

Kompas.com - 20/06/2020, 15:32 WIB
Tangkapan layar unggahan Twitter yang menyebutkan adanya penipuan CPNS mengatasnamakan bupati Tegal Twitter/@HumasTegalKabTangkapan layar unggahan Twitter yang menyebutkan adanya penipuan CPNS mengatasnamakan bupati Tegal

KOMPAS.com - Humas Pemerintah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mengunggah utas di media sosial Twitter yang menyebutkan penipuan seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS).

Akun @HumasTegalKab mengungkapkan modus penipuan yang terjadi pada 15 Juni 2020 tersebut.

Kali ini, penipuan tersebut mengatasnamakan Bupati Tegal Ummi Azizah dengan membuat akun palsu di Facebook.

Melalui akun itu, pelaku menawarkan formasi CPNS yang tidak ada peminatnya kepada orang-orang yang berteman dengannya.

Pelaku kemudian meminta korban untuk mengirimkan sejumlah syarat seperti foto KTP dan Kartu Keluarga melalui WhatsApp.

Tak hanya itu, pelaku juga meminta uang sebesar Rp 5 juta dengan dalih untuk pengurusan SK CPNS di Badan Kepegawaian Nasional ( BKN).

Baca juga: [HOAKS] Surat Tahapan Pelaksanaan SKB CPNS 2019

Saat dihubungi, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, modus seperti yang diungkapkan Pemkab Tegal baru pertama kali diketahuinya.

Ia menyebutkan, bupati tidak terlibat dalam proses seleksi penerimaan CPNS.

"Bupati tidak ikut dalam proses (seleksi), bupati hanya akan menerbitkan SK Pengangkatan sebagai CPNS jika peserta sudah lolos dan mendapatkan NIP dari BKN yang diusulkan oleh instansi," kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Paryono menjelaskan, kemungkinan korban adalah peserta yang tidak lolos tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X