Ditutup Malam Ini, Pendaftar UTBK Tembus 600 Ribu Peserta

Kompas.com - 20/06/2020, 13:37 WIB
Peserta UTBK SBMPTN saat mengikuti ujian di kampus tegalboto Universitas Jember tahun 2019 lalu Dokumentasi Universitas Jember/Kompas.comPeserta UTBK SBMPTN saat mengikuti ujian di kampus tegalboto Universitas Jember tahun 2019 lalu

KOMPAS.com - Pendaftaran online Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK- SBMPTN) 2O2O ditutup hari ini, 20 Juni 2020 pukul 22.00 WIB.

UTBK merupakan tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT).

Kepala Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof. Budi Prasetyo mengatakan, hingga Jumat (19/6/2020) malam, jumlah pendaftar yang masuk ke sistem mencapai hampir 700 ribu orang.

"Kemarin (19 Juni 2020) kita rekap malam, jumlah peserta yang telah selesai proses pendaftaran atau cetak kartu sebanyak 680.252 orang," kata Budi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/6/2020) siang.

Baca juga: Pendaftaran UTBK Dibuka 2 Juni 2020, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Budi menambahkan, jumlah peserta yang sudah memilih pusat UTBK sebanyak 704.416 orang.

Sebelumnya, ia telah mengimbau para peserta untuk memilih pusat UTBK yang berlokasi terdekat dengan tempat tinggal masing-masing.

Sementara itu, jumlah peserta yang telah menyelesaikan proses pendaftaran terdiri dari 537.829 peserta reguler dan 142.423 peserta KIP Kuliah.

Budi menegaskan, peserta harus memperhatikan telah memasukkan data diri dengan benar, termasuk pilihan pusat UTBK dan data disabilitas (tunanetra/tunadaksa).

"Jika sudah simpan permanen atau cetak kartu, data sudah tidak dapat diubah lagi," ujar dia.

Tes UTBK akan dilaksanakan di 74 pusat UTBK PTN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Besok Hari Terakhir Pendaftaran, Berikut Info tentang UTBK-SBMPTN, dari Jadwal hingga Materi Tes

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X