Kompas.com - 20/06/2020, 11:49 WIB
Sejumlah umat Islam melaksanakan shalat Jumat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak fisik di Masjid Al Amjad, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (5/6/2020). Masjid tersebut kembali menggelar shalat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 menjelang penerapan tatanan hidup normal baru di Tangerang Raya. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj. ANTARA FOTO/FAUZANSejumlah umat Islam melaksanakan shalat Jumat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak fisik di Masjid Al Amjad, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (5/6/2020). Masjid tersebut kembali menggelar shalat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 menjelang penerapan tatanan hidup normal baru di Tangerang Raya. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

KOMPAS.com - Masjid-masjid di Mekkah, Arab Saudi akan kembali dibuka pada 21 Juni 2020 mendatang.

Masjid-masjid ini dibuka setelah tiga bulan ditutup akibat pandemi virus corona yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Melansir middleeastaffairs, lebih dari 1.500 masjid akan diizinkan dibuka kembali jika mengikuti langkah-langkah kesehatan pencegahan terhadap Covid-19.

Aturannya, setiap orang wajib membawa sajadah atau alas ibadah sendiri dan menjaga jarak sosial  satu sama lain.

Baca juga: Kasus Corona Bertambah, Arab Saudi Menutup Penuh Mekkah dan Madinah

Menjelang pembukaan kembali tempat ibadah ini, Kementerian Urusan Islam mensterilkan bagian dalam bangunan secara menyeluruh.

Pihaknya juga menerima puluhan relawan yang akan bekerja untuk menerapkan tindakan pencegahan di dalam masjid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di luar Mekkah, masjid-masjid telah diizinkan menerima jemaah kembali sejak akhir Mei lalu.

Kementerian dalam negeri kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa akan menangguhkan semua ibadah di seluruh masjid di kota Jeddah dari 6 Juni hingga 20 Juni, sebagai bagian dari upaya untuk menekan pandemi virus corona di Arab Saudi.

Sejauh ini, negara ini telah melaporkan 150.292 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi, dengan 1.184 orang meninggal dunia dan 95.764 telah sembuh.

Baca juga: 9 Warga Aceh Utara Positif Terjangkit Virus Corona

Jumlah kasus virus corona di dunia

Secara global, virus SARS-CoV-2 telah menginfeksi 8.765.303 orang di seluruh dunia, dengan 4.627.834 di antaranya telah sembuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.