Langka, Gerhana Matahari Cincin 21 Juni Dinamakan Cincin Api Solstis, Mengapa?

Kompas.com - 20/06/2020, 13:21 WIB
Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 bersamaan dengan solstis sehingga dinamakan Cincin Api Solstis. LAPANGerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 bersamaan dengan solstis sehingga dinamakan Cincin Api Solstis.

KOMPAS.com - Sebagian wilayah Indonesia akan menikmati fenomena langit berupa gerhana matahari cincin (GMC) solstis besok, Minggu (21/6/2020).

Gerhana matahari cincin terjadi ketika piringan Bulan nampak lebih kecil dibandingkan piringan Matahari.

Hal itu mengakibatkan ujung bayangan gelap (umbra) Bulan tidak jatuh di permukaan Bumi, sehingga terbentuk perpanjangan bayangan Bulan yang disebut antumbra.

Wilayah yang terkena antumbra tersebut akan mengalami gerhana matahari cincin (GMC).

Namun, fenomena GMC tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan summer solstis, sehingga dinamakan Cincin Api Solstis.

Melalui akun Instagramnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan), menyebutkan, Cincin Api Solstis cukup langka karena terakhir terjadi pada 21 Juni 1648 dan akan terulang lagi pada 21 Juni 2039.

Apa itu Cincin Api Solstis?

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa (Pusainsa) Lapan, Emmanuel Sungging Mumpungi mengatakan, gerhana matahari cincin yang terjadi besok sama seperti gerhana pada umumnya.

Hanya saja, waktu terjadinya gerhana bersamaan dengan summer solstis atau solstis Juni.

"Sebetulnya cuma matahari cincin yang biasa terjadi, seperti Desember tahun lalu. Yang tahun ini kebetulan terjadi pas summer solstis, jadi memang waktunya bersamaan," kata Sungging saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.