Kompas.com - 06/06/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi herd immunity pencegahan penyebaran Covid-19, virus corona. Ahmad FoziIlustrasi herd immunity pencegahan penyebaran Covid-19, virus corona.


KOMPAS.com - Perjuangan melawan pandemi virus corona penyebab Covid-19 masih akan menghadapi jalan panjang.

Kesimpulan tersebut didapat dari serangkaian penelitian baru di seluruh dunia yang mencoba untuk menghitung berapa banyak orang yang telah terinfeksi.

Hitungan kasus resmi seringkali secara substansial meremehkan jumlah infeksi virus corona.

Melansir New York Times (28/5/2020) dalam studi baru yang menguji populasi secara lebih luas, persentase orang yang telah terinfeksi sejauh ini masih dalam kisaran satu digit.

Jumlah tersebut adalah sebagian kecil dari ambang yang dikenal sebagai herd immunity, di mana virus tidak dapat lagi menyebar secara luas.

Baca juga: Kabar Baik: Rekor 551 Pasien Covid-19 Sembuh Harian, Begini Perawatannya

Beberapa ahli mengatakan bahwa herd immunity bisa dicapai bila kekebalan dalam suatu populasi lebih tinggi dari 60 persen.

Herd Immunity masih sulit dicapai

Bahkan di beberapa kota di dunia yang mengalami dampak paling parah, studi menunjukkan, sebagian besar orang masih tetap rentan terhadap virus corona baru.

Beberapa negara, seperti Swedia dan Inggris, telah bereksperimen dengan menerapkan lockdown terbatas sebagai upaya membangun kekebalan dalam populasi mereka.

Meski demikian, studi terbaru menunjukkan bahwa sejauh ini tidak lebih dari 7 hingga 17 persen orang telah terinfeksi di negara tersebut.

Di New York City, yang memiliki kasus infeksi virus corona terbesar di Amerika Serikat, sekitar 20 persen penduduk kota telah terinfeksi oleh virus pada awal Mei.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.