Kompas.com - 31/05/2020, 14:31 WIB
Tangkapan layar informasi tato elektroda oleh akun Instagram fyifact.id Instagram/fyifact.idTangkapan layar informasi tato elektroda oleh akun Instagram fyifact.id

KOMPAS.com - Beredar informasi mengenai tato elektroda di media sosial Instagram.

Tato ini disebut dikembangkan oleh peneliti di Eropa dan memiliki kemampuan untuk memantau semua aktivitas otak manusia dengan lebih mudah dan cepat.

Unggahan foto oleh akun fyifact.id ini mendapat tanggapan yang cukup ramai dari warganet. Sejak diunggah pada tanggal (28/5/2020) foto ini telah mendapat lebih dari 30 ribu likes.

Dalam caption fotonya, akun fyifact.id menulis sebagai berikut:

Apakah ini awal kebangkitan manusia Android?
.
Jadi bisa dibilang Tatto Elektroda ini adalah awal perkembangan manusia modern di masa depan. Tapi bisa juga tidak. Gimana nih menurut kalian?
.
.
Ikuti terus ya @fyifact.id untuk mendapatkan informasi menarik dunia lainnya :) #fyifact

Baca juga: Alasan Mike Tyson Bikin Tato Besar di Wajah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Selain memberikan likes, warganet juga meramaikan kolom komentar unggahan tersebut. Mereka menyampaikan kekhawatiran bila teknologi ini dapat mengancam privasi dan kebebasan mereka.

Seperti komentar dari akun hadyset: Lama² manusia dikendalikan oleh yg punya teknologi itu, udah gak ada lagi yg namanya privasi

Komentar bernada sama juga dilontarkan oleh akun fadiiil_han: Haha melanggar privasi dan menghilangkan kebebasan

Caption foto dan unggahan warganet yang hadir di kolom komentar mengundang rasa penasaran Kompas.com untuk menelusuri, benarkah tato elektroda ini nyata? Jika benar apakah ia memang bisa menimbulkan ancaman seperti yang dikhawatirkan?

Baca juga: Tato Detail Wajah Kobe dan Gigi di Betis, Pukau Vanessa Bryant

Informasi kurang lengkap

Akun fyifact.id menuliskan bahwa tato elektroda dapat digunakan untuk memantau aktivitas otak manusia dengan cepat dan lebih mudah.

Keterangan ini memang tidak salah, namun kurang lengkap. Akun tersebut tidak menjelaskan aktivitas otak seperti apa yang dimaksudkan, sehingga warganet yang awam dengan hal tersebut menanggapinya dengan pandangan fiksi ilmiah, seperti robot atau manusia android.

Sementara pengukuran aktivitas otak yang dimaksud adalah magneto-ensefalografi (MEG).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.