KJRI Bantah Ribuan TKI Tertahan di Johor karena Lockdown di Malaysia

Kompas.com - 11/04/2020, 17:29 WIB
114 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berasal dari dari Johor, Malaysia dideportasi ke tanah air melalui Batam, Selasa (24/3/2020) KOMPAS.COM/HADI MAULANA114 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berasal dari dari Johor, Malaysia dideportasi ke tanah air melalui Batam, Selasa (24/3/2020)

KOMPAS.com - Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor, Malaysia, membantah informasi yang menyebutkan bahwa ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal tertahan di Johor, Malaysia.

Informasi yang beredar itu menyebutkan, para tKI itu tertahan di Johor akibat kebijakan lockdown atau penguncian yang diterapkan oleh Pemerintah Malaysia sejak 18 Maret 2020.

Disebutkan pula banyak TKI yang mengalami kelaparan sehingga ada yang melakukan aksi penggalangan dana.

Penjelasan KJRI Johor

Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Johor Anang Fauzi memastikan, informasi mengenai ribuan TKI tertahan di sejumlah wilayah Johor itu tidak benar.

Ia mengatakan, tak ada larangan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin pulang ke Indonesia. Pelabuhan-pelabuhan di Johor pun dalam kondisi aman.

"Tidak benar. Tidak ada larangan bagi WNI yang ingin pulang ke Indonesia dan pemantauan kami di pelabuhann-pelabuhan di Johor, kondisi aman terkendali," kata Anang saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Anang mengatakan, kondisi WNI atau TKI di Johor mungkin memiliki kondisi yang sama dengan TKI di wilayah lain di Malaysia.

Baca juga: Update Virus Corona: Malaysia Perpanjang Lockdown, Ratusan Kasus Harian di Singapura

TKI atau WNI di Johor yang bekerja atau mendapatkan upah harian memang mengalami kesulitan karena selama masa penguncian (Kawalan Pergerakan) mereka tidak bisa bekerja.

"Kondisi WNI atau TKI di Johor, saya kira sama dengan WNI atau TKI yang ada di wilayah lain di Malaysia," jelas dia.

Oleh karena itu, pihak KJRI Johor Bahru saat ini berupaya memberikan bantuan sembako kepada mereka yang membutuhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X