Terkena Dampak Virus Corona? Simak Cara Dapat Penundaan Angsuran dari Pegadaian

Kompas.com - 11/04/2020, 13:29 WIB
Kantor pusat PT Pegadaian (Persero) Kantor pusat PT Pegadaian (Persero)Kantor pusat PT Pegadaian (Persero)

KOMPAS.com - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan kelonggaran atau relaksasi kredit berupa penundaan angsuran hingga satu tahun.

Sejumlah perusahaan sektor keuangan pun mulai menerbitkan kebijakan restrukturisasi berupa perpanjangan jangka waktu, penundaan pembayaran angsuran, hingga pembebasan denda kepada nasabah yang terkena dampak pandemik Covid-19. 

Salah satunya PT Pegadaian (Persero) yang menerbitkan kebijakan serupa.

"Kami terus memberikan kemudahan bagi nasabah - nasabah perseroan," kata Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, melalui siaran resminya Sabtu (11/4/2020).

Di antaranya berupa keringanan pembayaran cicilan sampai dengan satu tahun. 

Baca juga: Sudah 6.417 Debitur Adira Finance Dapat Keringanan Kredit

Dia mengatakan, untuk mekanisme pemberian keringanan akan dilakukan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di Pegadaian. 

Kuswiyoto menjelaskan kebijakan ini diterbitkan sebagai respon atas POJK
No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 berbentuk keringanan yang diberikan oleh Pegadaian yaitu berupa perpanjangan jangka waktu, pembebasan tunggakan denda, dan penundaan pembayaran.

Baca juga: Curhat Para Sales Motor, Leasing Banyak Tolak Pengajuan Kredit

Kriteria nasabah yang mendapat keringanan

Kriteria nasabah yang mendapatkan keringanan yaitu nasabah yang memanfaatkan produk Kreasi, Arrum Mikro, Arrum Ultra Mikro, dan Arrum Ekspress Loan.

Selain itu nasabah Amanah, Rahn Tasjily Tanah, Kreasi Ultra Mikro, Kreasi Ekspress Loan, dan Kreasi Multi Guna, serta memiliki usaha tapi mengalami penurunan pendapatan karena pandemik Covid 19.

"Kami memberikan keringanan kepada nasabah yang memiliki usaha dan yang barang jaminannya masih dipergunakan untuk menunjang usahanya," paparnya.

Baca juga: Catat, Ini Kriteria Penerima Kredit Usaha Rakyat yang Dapat Keringanan

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X