Letusan Gunung di Indonesia Ini Ilhami Penemuan Sepeda 200 Tahun Lalu

Kompas.com - 11/04/2020, 15:20 WIB
Sejarah perkembangan sepeda yang awal pembuatannya dipengaruhi peristiwa letusan Gunung Tambora 1815 -Sejarah perkembangan sepeda yang awal pembuatannya dipengaruhi peristiwa letusan Gunung Tambora 1815

KOMPAS.com - Berbagai penemuan penting banyak ditemukan oleh orang di dunia barat. Salah satunya penemuan alat transportasi tanpa mesin, sepeda.

Namun tahukah Anda, meski diciptakan oleh orang Jerman, ternyata sepeda yang sering kita temui sekarang tercipta akibat fenomena letusan Gunung Tambora tahun di Nusa Tenggara Barat yang terjadi pada tahun 1815.

Mengapa bisa begitu?

Dampak letusan

Sebagaimana banyak dituliskan dalam referensi sejarah, letusan Tambora 2 abad lalu menjadi salah satu yang terkuat di dunia. Tak kurang dari 92.000 jiwa meninggal akibat peristiwa vulkanik ini.

Meski terletak di Indonesia bagian tengah, namun dampak dari letusan itu memengaruhi dan berdampak ke kehidupan di seluruh dunia.

Abu yang disemburkan letusan Tambora mempengaruhi suhu rata-rata dunia turun hingga 3 derajat celcius. Letusan ini juga membuat sejumlah negara di belahan bumi utara tak memiliki musim panas selama satu tahun.

Tanaman gagal dipanen dan banyak binatang ternak mati karena kelaparan, salah satunya adalah kuda yang ketika itu banyak dimanfaatkan manusia untuk sarana transportasi berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Baca juga: Erupsi Gunung Anak Krakatau Tak Sebabkan Tsunami, Ini Penjelasan BMKG

Menginspirasi pembuatan sepeda

Dikutip dari Live Science (30/8/2017), pada tahun 1817 seorang berkebangsaan Jerman bernama Karl von Drais membuat kendaraan dengan dua roda.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X