Hati-hati, Mari Pahami Penyebab Serangan Jantung

Kompas.com - 14/11/2019, 05:45 WIB
Ilustrasi serangan jantung ShutterstockIlustrasi serangan jantung

KOMPAS.com - Seniman musik Djaduk Farianto meninggal dunia karena serangan jantung, Rabu (13/11/2019) dini hari.

Kabar meninggalnya seniman 55 tahun asal Yogyakarta itu disampaikan oleh kakaknya, seniman Butet Kartaredjasa, melalui akun Instagram-nya.

Serangan jantung merupakan kondisi yang terjadi ketika aliran darah yang kaya oksigen tiba-tiba terhambat ke otot jantung sehingga jantung tidak mendapat oksigen.

Jika tidak ditangani secara langsung, hal tersebut bisa menimbulkan kejadian gawat darurat bahkan kematian.

Serangan jantung memang kerap terjadi secara tiba-tiba. Namun, ada banyak faktor yang bisa memengaruhi risiko penyakit tersebut.

Memahami faktor apa saja yang bisa menyebabkan serangan jantung adalah langkah pertama untuk meminimalisasi risiko penyakit ini.

Pada dasarnya, faktor penyebab penyakit jantung terdapat dua macam, yaitu faktor risiko yang bisa kita kontrol dan tidak.

Melansir laman heartfoundation, berikut faktor penyebab penyakit jantung yang tidak bisa kita kontrol:

  • Umur: Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit jantung semakin meningkat.
  • Gender: Pria berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Sementara iu, wanita tinggi risikonya mengalami serangan jantung setelah menopause.
  • Latar belakang etnis: Orang-orang dari beberapa asal-usul, seperti orang Aborigin dan Torres Strait Islander, atau orang-orang dari anak benua India, memiliki risiko lebih tinggi.
  • Riwayat keluarga: Jika seseorang dalam keluarga kita mengalami serangan jantung, ada kemungkinan kita juga berisiko mengalaminya. Oleh karena itu, sebaiknya kita segera berkonsultasi ke dokter.

Kabar baiknya, sebagian besar faktor risiko penyakit jantung dapat diubah, dan ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengontrolnya.

Baca juga: Djaduk Ferianto Meninggal karena Serangan Jantung, Ini Tips Jaga Kesehatan Jantung

Berikut faktor penyebab penyakit jantung yang bisa kita kontrol:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X