Mereka yang Dipanggil Jokowi, dengan Sinyal Kuat sebagai Menteri

Kompas.com - 21/10/2019, 14:43 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers setelah acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers setelah acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

KOMPAS.com - Sehari usai dilantik di sidang paripurna MPR, Presiden Joko Widodo langsung memanggil sejumlah tokoh ke Istana Kepresidenan pada Senin (21/10/2019).

Tokoh-tokoh tersebut di antaranya Erick Thohir, Nadiem Makarim, Mahfud MD, Wishnutama Kusubandio, Christiany Eugenia Paruntu, Airlangga Hartarto, dan Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Digadang-gadang, pemanggilan sejumlah tokoh ini berhubungan dengan Menteri Kabinet Kerja Jilid 2. Meski demikian, tak semua tokoh yang hadir di Istana Kepresidenan hari ini dipastikan jadi menteri.

Lalu siapa saja mereka yang menyatakan diri ditunjuk jadi menteri yang akan membantu Jokowi?

1. Mahfud MD

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019). Ia datang menggunakan kemeja putih lengan panjang. KOMPAS.com/Ihsanuddin Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019). Ia datang menggunakan kemeja putih lengan panjang.
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjadi tamu pertama Presiden Jokowi yang diundang ke istana pada Senin (21/2/2019).

Setelah bertemu Jokowi, Mahfud menyampaikan jika dirinya ditunjuk menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Mahfud menambahkan, pelantikan para menteri akan dilakukan pada Rabu (23/10/2019) mendatang.

Kendati belum ada kejelasan atas bagian menteri yang akan dijabatnya, Mahfud mengaku diajak diskusi Jokowi seputar masalah penegakan hukum, HAM, pemberantasan korupsi, hingga deradikalisasi.

Mahfud menuturkan siap membantu Jokowi-Ma'ruf Amin, di pos apapun.

Baca juga: Seusai Bertemu Jokowi, Mahfud Mengaku Ditunjuk Jadi Menteri

2. Nadiem Makarim

Bos Gojek Nadiem Makarim datang ke Istan Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019) dengan mengenakan baju putih lengan panjang. KOMPAS.com/Ihsanuddin Bos Gojek Nadiem Makarim datang ke Istan Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019) dengan mengenakan baju putih lengan panjang.
Nadiem Makarim merupakan pendiri start up Gojek yang saat ini telah merambah dunia internasional.

Nadiem menjadi orang ketiga yang datang, namun menjadi orang kedua saat keluar.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X