Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Makan Enak Saat Lebaran Tanpa Takut Gula Darah Naik

Meski demikian, seseorang harus tetap mengatur porsi makannya, terutama membatasi makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula.

Hal ini mengingat beberapa orang rawan terkena penyakit kronis seperti diabetes dan kolesterol tinggi.

Nah, berikut ini ada beberapa tips makan enak saat Lebaran tanpa takut gula darah naik:

Tips makan enak tanpa takut gula darah naik

Untuk Anda yang khawatir akan lonjakan gula darah setelah momen perayaan Idul Fitri, berikut ada beberapa tips makan makanan enak tanpa takut gula darah naik:

1. Batasi asupan gula, garam, dan lemak jenuh

Seseorang yang memiliki kadar gula darah di atas normal masih diperbolehkan sesekali untuk mengonsumsi makanan manis, dikutip dari Diabetes UK.

Meski demikian, mereka harus tetap membatasi asupan gula, garam, dan lemak jenuh yang ingin dikonsumsinya untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak makan terlalu banyak biskuit, kue kering, dan sirup yang mengandung pemanis buatan.

Sementara itu, ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Toto Sudargo mengimbau agar penderita diabetes untuk tetap berhati-hati dalam mengonsumsi makanan manis, seperti kue kering.

"Boleh makan semua kue, tapi hanya ngicipi, berarti sedikit kan, yang penting sudah merasakan kue lebaran. Boleh 1-2 potong nastar," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (2/4/2024).

2. Perbanyak minum air

Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau menderita diabetes, harus selalu memenuhi asupan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Untuk itu, penting untuk tetap terhidrasi dengan meminum minuman bebas gula.

Selain itu, hindari minuman bersoda atau jus yang mengandung banyak gula tambahan yang bisa menyebabkan gula darah naik dalam sekejap.

3. Makan makanan yang seimbang

Selain menghindari beberapa jenis makanan, mengatur porsi makan juga penting dilakukan untuk mencegah gula darah naik selama perayaan Idul Fitri.

Cobalah untuk mengatur menu makan dengan banyak makan sayuran dibandingkan dengan kue ataupun makanan yang tinggi gula dan minyak lainnya.

Sebab, makan sayuran bisa membantu seseorang merasa lebih kenyang, sehingga akan mengurangi nafsu makan.

4. Tetap kelola kadar gula darah

Seseorang yang menderita diabetes harus selalu mengelola dan memeriksa kadar gula darah dalam situasi apa pun.

Hal itu terutama ketika seseorang menyantap hidangan pada hari raya Idul Fitri.

Pasalnya, hidangan di hari raya Idul Fitri identik dengan makanan manis dan berlemak yang  bisa menyebabkan kenaikan gula darah dalam tubuh.

Untuk itu, seseorang harus senantiasa memeriksa kadar gula darah agar tetap berada dalam kisaran normal.

5. Tetap aktif bergerak

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), selama perayaan Idul Fitri, penting untuk meluangkan waktu berolahraga untuk membantu mengelola kadar gula darah, terlebih setelah makan.

Anda bisa mencoba untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk membantu menurunkan kadar glukosa darah, tekanan darah, dan lemak darah.

Tak perlu berolahraga berat, seseorang bisa tetap aktif dengan berjalan-jalan menemui teman-teman dan keluarga selama perayaan Idul Fitri.

6. Makan makanan yang benar-benar disukai

Meskipun dalam perayaan Idul Fitri ada banyak sajian hidangan menggugah selera, namun pilihlah hidangan yang benar-benar disukai dan tidak bisa didapatkan di waktu lain selain Hari Raya.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar seseorang tidak menjadi kalap makan saat dihadapkan dengan berbagai jenis makanan.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/04/11/093000965/tips-makan-enak-saat-lebaran-tanpa-takut-gula-darah-naik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke