Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meninggal Dunia, Berikut Profil dan Sepak Terjang TB Silalahi

TB Silalahi meninggal pada Senin (13/11/2023) pukul 20.19 WIB di RS Medistra, Jakarta Selatan.

Kabar meninggal TB Silalahi dikonfirmasi oleh staf, ajudan, dan dokternya, Tota Manurung.

"Pada malam ini pukul 21.58 WIB, saya ditelepon Serma Sunarto, ajudan Pak TB Silalahi yang menginformasikan bahwa Pak TB telah meninggal dunia di rumah sakit di Jakarta. Beliau tutup usia 85 tahun," ujar Tota Manurung, dikutip KompasTV, Selasa (14/11/2023).

Sepanjang hidupnya, TB Silalahi merupakan mantan menteri, anggota dewan pertimbangan presiden, sekaligus aktivis kebudayaan Batak.

Berikut profil dan rekam jejak TB Silalahi:

Profil TB Silalahi

Tiopan Bernhard Silalahi atau TB Silalahi lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara pada 17 April 1938.

Jabatan terakhirnya di militer adalah Asisten I Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) dengan pangkat Mayor Jenderal pada 1988.

TB Silalahi lalu menjadi Sekjen Departemen Pertambangan sekaligus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dalam Kabinet Pembangunan VI pada 1993-1998 di bawah Presiden Soeharto dan Wakil Presiden Tri Sutrisno.

Selama menjadi menteri, TB Silalahi mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa atau Doktor Kehormatan dari Filipina. Dia juga mendapatkan kenaikan pangkat kehormatan menjadi Letnan Jenderal.

Di luar pemerintahan, TB Silalahi mendirikan Dewan Pembina Yayasan Soposurung yang mengelola sekolah unggulan di Balige, Sumatera Utara.

Pada pemilihan umum 2004, TB Silalahi aktif dalam tim kampanye Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia juga merupakan penasihat khusus saat SBY menjabat.

TB Silalahi lalu menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden 2007–2009. Dia menempati posisi di Bidang Pertahanan dan Keamanan.

Di dunia politik, TB Silalahi bergabung dengan Partai Demokrat. Pada 2012, dia sempat menjabat sebagai Ketua Pengawas Dewan Pembina Partai Demokrat.

Dikutip dari Kompas.com (8/2/2012), TB Silalahi menggantikan posisi Amir Syamsuddin sebagai Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat.

Amir Syamsuddin yang menjabat Menteri Hukum dan HAM Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu II beralih posisi sebagai Ketua Pengawas Dewan Pembina Partai Demokrat.

Alasan pergantian ini supaya Amir Syamsuddin fokus menjalankan tugas pemerintahan bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dilansir dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, museum tersebut juga dikenal sebagai Museum Pribadi TB Silalahi.

Museum Pribadi TB Silalahi Center berlokasi di Jalan Pagar Batu No 88 , Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Museum sekaligus yayasan ini didirikan untuk melestarikan budaya Batak dan membentuk karakter masyarakat Batak.

TB Silalahi ingin museumnya menjadi wadah untuk memotivasi generasi muda agar berusaha meraih cita-cita dengan melihat pengalaman hidupnya dari kecil sebagai anak pengembala kerbau sampai menjadi jenderal.

Museum ini berisi koleksi pribadi TB Silalahi berupa pakaian dinas, bintang jasa, tanda kehormatan, kendaraan pribadi dan dinas, senjata yang pernah digunakan, dan kenang-kenangan dari penjuru dunia.

Pengunjung juga dapat melihat kisah hidup TB Silalahi dan perjalanan kariernya di museum ini.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/11/14/101000165/meninggal-dunia-berikut-profil-dan-sepak-terjang-tb-silalahi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke