Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Kucing Havana Brown, Berikut Karakteristik dan Kepribadiannya

KOMPAS.com - Havana Brown adalah ras kucing dengan ciri khas bulu berwarna cokelat dan mata berwarna hijau cerah.

Mereka termasuk kucing yang ramah, cerdas, dan suka bermain, sehingga cocok dijadikan peliharaan dan teman bermain di rumah.

Havana Browns adalah satu-satunya ras kucing yang memiliki bulu berwarna coklat dari kepala hingga ekor, dan bahkan kumisnya pun berwarna coklat.

Sejarah singkat ras Havana Brown

Pada akhir abad ke-19 di Inggris. kucing berwarna coklat solid (self-brown) dipamerkan di pameran kucing Inggris dengan berbagai nama, salah satunya Swiss Mountain Cat.

Kucing coklat ini sangat mirip dengan ras kucing Siam, tetapi ia tidak memiliki mata berwarna biru, melainkan mata hijau.

Dilansir dari laman The Spruce Pets, sebuah komunitas kucing Siam di Inggris mengeluarkan dekrit pada tahun 1920 yang menyatakan bahwa ras Siam hanya boleh memiliki mata biru, bukan hijau.

Akibatnya, jenis kucing berwarna coklat pekat itu perlahan menghilang karena tidak begitu diminati dan dikembangbiakkan.

Pada tahun 1950-an, beberapa peternak kucing Inggris memutuskan untuk menciptakan kembali kucing coklat yang telah punah tersebut.

Mereka mulai meneliti genetika warna dan melakukan eksperimen pembiakan hingga mereka mengidentifikasi cara menghasilkan kucing berwarna coklat.

Para peternak ini berhasil melahirkan anak kucing jantan berwarna coklat, melalui perkawinan antara kucing Shorthair hitam solid dan kucing Siam bercorak coklat.

Di sisi lain, terjadi perkembangbiakan kucing shorthair hitam pekat dan kucing Siam lainnya yang juga menghasilkan anak kucing jantan berwarna coklat.

Ia kemudian menjadi kucing pertama yang didaftarkan di Inggris sebagai ras Havana Brown. Kucing itu bernama Elmtower Bronze Idol, dianggap sebagai cikal bakal ras Havana Brown.

Setelah ras ini diakui oleh badan pendaftar kucing Inggris, nama rasnya diubah menjadi kucing Chestnut Brown atau kucing Chestnut Brown Oriental.

Tipe tubuh kucing ini mirip dengan kucing Oriental masa kini. Di luar Amerika Serikat, ras ini dikenal sebagai Havana, yang merupakan kucing Oriental berwarna cokelat kemerahan.

Sementara itu, di Amerika Serikat tahun 50an dan 60an, beberapa peternak kucing juga berfokus pada Havana Brown.

Dua badan pendaftar kucing Amerika Utara mengenali Havana Brown secara berbeda.

Asosiasi Pemelihara Kucing (CFA) dan Asosiasi Kucing Kanada mengakui ras ini sebagai Havana Brown. Sedangkan Asosiasi Kucing Internasional (ICA) mengakuinya sebagai Havana.

Dikutip dari laman Cats.com, ras Havana Brown adalah kucing berukuran sedang dengan tubuh berotot yang tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang.

Mereka memiliki dagu yang kuat dan moncong yang tampak hampir persegi. Telinganya besar dengan ujung membulat, berukuran lebar dan ada sedikit rambut di bagian luar.

Mata Havana Brown berbentuk oval dan besar, yang umumnya berwarna hijau. Biasanya warna mata yang lebih cerah, paling disukai.

Kakinya panjang dan ramping, tetapi tulangnya tidak halus, mereka memiliki ekor yang ramping dan panjangnya sedang dengan ujung yang meruncing.

Bulu kucing Havana Brown pendek dan halus, berwarna cokelat dengan tekstur yang sangat lembut.

Dilansir dari laman PetMD, Havana Brown memiliki kepribadian ramah, cerdas, dan suka bermain.

Mereka bisa bersosialisasi dengan kucing atau hewan peliharaan lain dan senang berpelukan dengan semua anggota keluarga, baik manusia maupun kucing.

Ras ini lincah dan sangat menikmati kebersamaan dengan pemiliknya, dan cenderung mudah beradaptasi dengan situasi baru.

Ras Havana Brown juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan termasuk jenis kucing yang cerdas.

Meskipun setiap kucing Havana Brown memiliki kepribadiannya masing-masing, secara umum, mereka adalah ras yang ramah dan mudah bergaul.

Mereka menikmati interaksi dengan manusia, dan dengan senang hati akan menghabiskan waktu mendengkur di pangkuan pemiliknya, terlibat dalam permainan, atau sekedar dibelai.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/11/11/141500965/mengenal-kucing-havana-brown-berikut-karakteristik-dan-kepribadiannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke