Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mengobati Bisul secara Alami, Ampuh untuk Dicoba

Dilansir dari WebMD, biasanya bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Namun, dalam beberapa kasus, bisul bisa terbentuk dari jenis bakteri atau jamur lain yang ada di kulit.

Bisul muncul di berbagai area tubuh yang terdapat rambut atau area yang mengalami gesekan.

Pada awalnya, kulit akan menjadi merah dan timbul benjolan lunak. Setelah 4-7 hari, benjolan tersebut mulai memutih karena nanah terkumpul di bawah kulit.

Bisul bisa tumbuh hingga sebesar bola bisbol atau yang dikenal sebagai abses kulit. Abses kulit merupakan benjolan besar yang bisa menyebabkan area di sekitar kulit menjadi merah dan nyeri.

Bisul yang masih dalam bentuk kecil bisa diobati dengan pengobatan rumahan. Namun, jika bisul sudah membesar dan menjadi abses kulit, maka Anda perlu mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Lantas, bagaimana cara mengobati bisul secara alami yang bisa dilakukan di rumah?

Cara mengobati bisul secara alami

Dikutip dari Healthline, berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat mengobati bisul, membantu meringankan rasa sakit, serta mencegah penyebaran infeksinya:

1. Kompres bisul menggunakan air hangat

Panas ataupun uap panas dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh untuk membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke area tertentu yang mengalami luka untuk melawan infeksi.

Untuk itu, salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengobati bisul adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. 

Anda bisa mengoleskan kompres hangat ke area yang terdapat bisul selama 10-15 menit. Cobalah untuk mengulangi langkah tersebut sebanyak tiga atau empat kali dalam sehari hingga bisulnya menghilang.

2. Oleskan minyak tea tree pada bisul

Penelitian dari 2022 telah menemukan bahwa minyak tea tree atau minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat. Sifat-sifat ini dapat membantu mengobati infeksi bakteri penyebab bisul.

Namun, perlu diketahui bahwa minyak tea tree tidak boleh dioleskan langsung ke kulit. Hal ini dikarenakan, minyak tea tree dapat menimbulkan efek terbakar pada kulit.

Untuk itu, sebagai gantinya Anda bisa mencampurkan lima tetes minyak tea tree dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun.

Setelah itu, ambil campuran minyak tersebut dan letakkan pada kapas dan oleskan pada bisul setidaknya dua atau tiga dalam kali sehari.

Jika teratur menggunakannya, minyak tea tree dapat membuat ukuran bisul mengecil. Namun, jika Anda merasakan sensasi terbakar atau alergi, maka penggunaannya ahrus segera dihentikan.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan dua cara, yakni sebagai berikut:

4. Oleskan minyak jarak langsung pada bisul

Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut dengan asam risinoleat yang merupakan antiinflamasi alami namun ampuh untuk mengobati beberapa penyakit.

Selain itu, minyak jarak juga memiliki sifat antibakteri, sehingga minyak jarak cocok untuk dijadikan sebagai pengobatan alami untuk bisul.

Anda bisa mengoleskan sedikit minyak jarak langsung ke bisul setidaknya tiga kali sehari sampai bisul hilang. 

5. Oleskan bawang bombay

Cara mengobati bisul secara alami selanjutnya bisa menggunakan bawang bombay. Anda bisa mengoleskan bawang bombay langsung ke kulit karena bawang bombay memiliki beberapa manfaat yang baik kulit dan bisul.

Hasil penelitian dari 2022 menunjukkan bahwa bawang bombay memiliki efek antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi dari bisul yang terbuka.

Selain itu, bawang bombay juga dapat membantu mencegah jaringan parut saat bisul sembuh.

Menurut sebuah studi 2018, orang yang mengoleskan ekstrak bawang bombay pada bekas luka menunjukkan hasil yang baik berupa bekas luka yang kian memudar dan hampir menghilang.

Bawang putih memiliki beberapa sifat antimikroba yang dapat membantu menyembuhkan bisul dan mencegah infeksi.

Sebuah studi dari 2015 mencatat bahwa menggunakan ekstrak bawang putih segar dapat membantu mengurangi resistensi bakteri tertentu terhadap antibiotik untuk membantu infeksi.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai mengobati bisul, Anda harus menghancurkannya terlebih dahulu.

Kemudian oleskan ke area bisul dan tutupi dengan kain yang dingin dan basah. Biarkan selama 20 menit dan aplikasikan kembali setelah 12 jam jika Anda tidak mengalami reaksi negatif.

Selain itu, jahe juga memiliki efek mikroba umum dan dapat membantu melawan bakteri dan patogen potensial lainnya yang ditemukan di kulit.

Meskipun begitu, tidak ada cukup bukti yang mengatakan bahwa mengoleskan jahe pada bisul dapat membantu menyembuhkan atau mengurangi peradangan.

Namun, pada Studi 2017, para peneliti mencatat bahwa krim vagina yang mengandung ekstrak jahe dan klotrimazol memiliki efek yang lebih kuat pada infeksi jamur vagina daripada krim yang hanya mengandung klotrimazol.

Ini bisa menyiratkan bahwa jahe memiliki efek mikroba yang dapat membantu menjaga agar bisul tidak terinfeksi saat sembuh.

Untuk mengaplikasikan jahe sebagai obat bisul, Anda bisa mengikuti langkah pada pengobatan bawang di atas. 

https://www.kompas.com/tren/read/2023/04/26/073000465/7-cara-mengobati-bisul-secara-alami-ampuh-untuk-dicoba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke