Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Sungai Terpanjang di Dunia, Mana Saja?

Sebut saja peradaban Mesir Kuno (Sungai Nil), Mesopotamia (Tigris/Efrat), China Kuno (Sungai Kuning) dan India Kuno (Indus). Sungai menyediakan pasokan air minum. Hal ini juga membuat lahan untuk tanaman tumbuh subur.

Dikutip dari Usgs, sekitar 71 persen permukaan bumi tertutup air dan lautan menampung sekitar 96,5 persen dari seluruh air Bumi. Air juga ada di udara sebagai uap air, di sungai, danau, di lapisan es dan gletser.

Maka tidak mengherankan jika sungai dan saluran air memainkan peran besar dalam kehidupan manusia, hewan, dan ekosistem. Sebuah sungai bisa lebar dan dalam, atau cukup dangkal untuk diseberangi seseorang.

Namun, tahukah Anda apa dan di mana sungai terpanjang di dunia? Berikut ini daftar sungai terpanjang di dunia yang dilansir dari World Atlas.

1. Sungai Nil-6.650 km

Sungai Nil menjadi sungai terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 6.650 kilometer.

Sungai Nil mengalir melalui sebagian besar benua Afrika dan mengalir melalui beberapa negara, termasuk Uganda, Ethiopia, Sudan, Sudan Selatan, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Mesir.

Nil Biru dan Nil Putih adalah anak sungai utama Nil yang mengalir ke sungai ini, yang mengalir ke selatan, akhirnya mengalir ke Laut Mediterania.

Sungai Nil adalah sumber utama air dan transportasi. Perairan Sungai Nil juga bisa menghidupi sekitar 40 persen populasi penduduk Kenya.

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia yang memiliki panjang sekitar 6.400 kilometer.

Panjangnya sangat dekat dengan Sungai Nil sehingga beberapa statistik menunjukkan bahwa itu sebenarnya lebih panjang. Selain itu, Sungai Amazon juga memiliki volume debit terbesar di dunia.

Faktanya, Amazon sangat besar sehingga dua sungai terbesar berikutnya (berdasarkan volume) sebenarnya adalah anak sungai Amazon.

Sungai Amazon mengalir melalui tiga negara di Amerika Selatan yakni Brasil, Peru, dan Kolombia yang bermuara di Samudera Atlantik.

Di sekitar sungai terdapat daerah hutan hujan amazon yang dikenal sebagai daerah yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Kira-kira sepertiga dari semua spesies yang dikenal di dunia hidup di wilayah Amazon.

3. Sungai Yangtze-6.300 km

Sungai Yangtze di China menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 6.300 kilometer. Sungai Yangtze juga menjadi sungai terpanjang di Asia yang mengalir ke arah timur melintasi sebagian besar China, bermuara ke Laut China Timur.

Sungai Yangtze menjadi sumber air utama di China dan memiliki cekungan drainase yang mencakup sekitar sepertiga dari populasi negara tersebut. Sekitar 400 juta orang tinggal di sepanjang tepiannya.

Sungai ini sangat penting sepanjang sejarah dan memainkan peran penting di China. Sungai ini juga merupakan perbatasan tidak resmi antara China Utara dan China Selatan.

Sungai ini juga telah digunakan untuk air minum, transportasi, dan irigasi dan sangat penting selama masa perang. Saat ini, Bendungan Tiga Ngarai adalah pembangkit listrik terbesar di dunia, menariknya listriknya berasal dari sungai.

4. Sungai Mississippi-6.270 km

Sungai Mississippi-Missouri, di Amerika Serikat bagian selatan ini memiliki panjang sekitar 6.270 kilometer. Sungai Missouri dan Mississippi adalah dua sungai terpanjang di AS, namun karena mengalir satu sama lain, mereka sering dianggap sebagai satu sungai besar atau sistem sungai.

Sungai Mississippi secara historis menjadi sumber transportasi utama dan juga merupakan rumah bagi sejumlah besar satwa liar. Delta Mississippi, memiliki rangkaian ekosistem yang mencakup segala sesuatu mulai dari kebun siprus hingga rawa-rawa dan pantai berpasir. 


5. Sungai Yenisei-5.500 km

Sungai Yenisei memiliki panjang 5.550 kilometer yang menjadikannya sungai terpanjang kelima di dunia.

Sistem ini terdiri dari beberapa sungai yang mengalir melalui Rusia dan Mongolia yang bermuara di Samudra Arktik.

Meskipun sungainya tidak terlalu dalam, namun sungai ini mengalir ke Danau Baikal, danau terdalam dan tertua di dunia.

Banyak ikan hidup di Yenisei, dan tepiannya merupakan habitat penting bagi rusa kutub yang bermigrasi, kawanan Aimyr, rusa kutub tundra terbesar di dunia.

Sayangnya, diyakini bahwa sistem sungai mengalami kontaminasi akibat pelepasan radioaktif dari fasilitas pembuat bom rahasia.

6. Sungai Kuning - 5.464 km

Sungai Kuning dikenal juga sebagai Sungai Huang He atau Huang merupakan sungai terpanjang keenam di dunia dan terpanjang kedua di China. Sungai ini memiliki panjang sekitar 5.464 kilometer.

Sungai Kuning mengalir melalui sembilan provinsi berbeda di China, dari provinsi barat Qinghai hingga Laut Bohai dekat Dongying.

Sungai Kuning secara historis penting karena merupakan tempat pemukiman utama dalam sejarah awal China. Sungai ini juga diketahui mengalami periode banjir yang signifikan, yang mengubah aliran sungai sepanjang sejarah.

Sungai ini sekarang menjadi rumah bagi beberapa bendungan dan pembangkit listrik tenaga air utama, serta sekitar 160 spesies ikan yang berbeda.

7. Sungai Ob-Irtysh-5.410 km

Sungai Ob memiliki panjang sekitar 5.410 kilometer dan melewati sebagian besar wilayah Rusia, yang bermuara ke Samudra Arktik.

Kota terbesar ketiga di Rusia, Novosibirsk, terletak di sepanjang tepi sungai, dan Jalan Kereta Api trans-Siberia yang terkenal juga melintasi sungai di kota ini.

Ob penting bagi Rusia dan Siberia, baik secara geografis maupun dalam hal industri.

Sungai ini digunakan sebagai sumber air minum dan irigasi serta menyediakan pembangkit listrik tenaga air melalui berbagai pembangkit listrik seperti Novosibirskaya GES.

Sungai ini juga berisi lebih dari 50 spesies ikan dan merupakan sumber utama penangkapan ikan untuk konsumsi.

8. Sungai Rio De La Plata - 4.880 km

Sungai terpanjang di dunia berkutnya adalah Sungai Rio de la Plata yang memiliki panjang sekitar 4.880 kilometer dan mengalir melalui Argentina dan Uruguay dan termasuk Parana dan Rio Grande.

Rio de la Plata juga merupakan sungai terluas di dunia, membuka ke daerah seperti teluk di ujung timurnya. Beberapa kota besar berada di sepanjang tepi sungai, termasuk Buenos Aires, ibu kota Argentina.

Sungai itu juga berisi beberapa pulau milik Uruguay. Sungai ini merupakan muara dan menerima air tawar dari Sungai Parana dan Sungai Uruguay, dan air asin dari pasang surut dan arus laut yang asin. 

Sungai ini banyak menjadi habitat bagi spesies laut, seperti penyu hijau, tempayan, dan belimbing, serta lumba-lumba Ls Plata yang langka.

9. Sungai Kongo-4.700 Km

Sungai Kongo atau Zaire merupakan sungai terpanjang kedua di Afrika dan terbesar kedua dalam hal volume debit.

Sungai ini memiliki kedalaman hingga 220 meter dan menjadikannya sebagai sungai terdalam yang pernah tercatat.

Sungai Kongo, yang sebenarnya terdiri dari Sungai Kongo Lualaba dan Chambeshi, memiliki panjang 4.700 kilometer.

Sungai ini mengalir melalui sebagian besar Kongo dan melintasi khatulistiwa dalam dua kesempatan sebelum mengalir ke Samudera Atlantik.

Sungai ini memiliki aliran musiman lebih dari 50.000 meter kubik, menjadikannya sungai terkuat di Afrika. Tenaga ini dimanfaatkan oleh sekitar 40 pembangkit listrik tenaga air yang berbeda di seluruh Cekungan Kongo.

10. Sungai Amur-4.444 Km

Terakhir, ada Sungai Amur yang memiliki panjang sekitar 4.444 kilometer. Sungai ini membentuk perbatasan alami antara Timur Jauh Rusia dan China Timur Laut, mengalir ke Laut Okhotsk, Samudra Pasifik, dan Selat Tartary.

Sungai ini merupakan rumah bagi berbagai jenis hewan, termasuk penyu cangkang lunak Amur dan berbagai spesies ikan.

Banyak di antaranya adalah ikan predator yang lebih besar seperti pike Amur, snakehead utara, dan ikan mas, serta kaluga masif, yang diketahui memiliki panjang lebih dari 5,5 meter.

Nah, itu lah daftar sungai terpanjang di dunia dari berbagai belahan dunia. 

https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/23/200000365/10-sungai-terpanjang-di-dunia-mana-saja-

Terkini Lainnya

Viral, Video Pelajar di Yogyakarta Dikepung Usai Tertinggal Rombongan

Viral, Video Pelajar di Yogyakarta Dikepung Usai Tertinggal Rombongan

Tren
Daftar Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit yang Tidak Menerapkan KRIS

Daftar Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit yang Tidak Menerapkan KRIS

Tren
Pohon Purba Beri Bukti Musim Panas 2023 adalah yang Terpanas dalam 2.000 Tahun

Pohon Purba Beri Bukti Musim Panas 2023 adalah yang Terpanas dalam 2.000 Tahun

Tren
7 Makanan Tinggi Kalori yang Menyehatkan, Cocok untuk Menaikkan Berat Badan

7 Makanan Tinggi Kalori yang Menyehatkan, Cocok untuk Menaikkan Berat Badan

Tren
Sosok Kemal Redindo, Anak SYL yang Minta Uang ke Pejabat Kementan untuk Aksesori Mobil

Sosok Kemal Redindo, Anak SYL yang Minta Uang ke Pejabat Kementan untuk Aksesori Mobil

Tren
Sejumlah Pemerintah Daerah Larang dan Batasi 'Study Tour', Pengamat Pendidikan: Salah Sasaran

Sejumlah Pemerintah Daerah Larang dan Batasi "Study Tour", Pengamat Pendidikan: Salah Sasaran

Tren
Gerbang Dunia Bawah di Siberia Semakin Terbuka Lebar Imbas Es Mencair

Gerbang Dunia Bawah di Siberia Semakin Terbuka Lebar Imbas Es Mencair

Tren
Viral, Video Penumpang KRL Terperosok Celah Peron Stasiun Sudirman

Viral, Video Penumpang KRL Terperosok Celah Peron Stasiun Sudirman

Tren
WNA Rusia Mengaku Dideportasi Usai Ungkap Kasus Narkoba, Ini Kata Polda Bali dan Imigrasi

WNA Rusia Mengaku Dideportasi Usai Ungkap Kasus Narkoba, Ini Kata Polda Bali dan Imigrasi

Tren
Video Viral Petugas Dishub Medan Disebut Memalak Pedagang Martabak, Ini Faktanya

Video Viral Petugas Dishub Medan Disebut Memalak Pedagang Martabak, Ini Faktanya

Tren
21 Layanan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan dalam Perpres Nomor 59 Tahun 2024, Apa Saja?

21 Layanan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan dalam Perpres Nomor 59 Tahun 2024, Apa Saja?

Tren
Rincian Penerimaan Gratifikasi Rp 23,5 Miliar Eks Kepala Bea Cukai DIY Eko Darmanto

Rincian Penerimaan Gratifikasi Rp 23,5 Miliar Eks Kepala Bea Cukai DIY Eko Darmanto

Tren
Persib Bandung Gandeng Pinjol sebagai Sponsor, Bagaimana Aturannya?

Persib Bandung Gandeng Pinjol sebagai Sponsor, Bagaimana Aturannya?

Tren
Berkaca pada Kasus Anak Depresi karena HP-nya Dijual, Psikolog: Kenali Bocah yang Berpotensi Depresi

Berkaca pada Kasus Anak Depresi karena HP-nya Dijual, Psikolog: Kenali Bocah yang Berpotensi Depresi

Tren
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi 15-16 Mei 2024, Ini Daftar Wilayahnya

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi 15-16 Mei 2024, Ini Daftar Wilayahnya

Tren
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke