Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Pekerjaan Paling Banyak Dicari, dari Marketing hingga Web Developer

KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja, merilis 10 pekerjaan yang paling banyak dicari di Indonesia tahun 2022.

Survey tersebut berdasarkan sumber dari Bank Dunia yang merilis laporan Indonesia's Online Vacancy Outlook.

Dijelaskan bahwa laporan ini memetakan jenis-jenis pekerjaan yang paling banyak dibuka lowongannya oleh perusahaan melalui situs pencarian kerja online.

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan atau job seeker, simak referensi kesepuluh pekerjaan yang paling banyak diminati di Indonesia versi Bank Dunia.


Pekerjaan di masa depan

Dikutip dari situs resmi World Bank atau Bank Dunia, (12/10/2018), berdasarkan Laporan Pembangunan Dunia 2019: The Changing Nature of Work, disebutkan bahwa investasi yang lebih besar dalam kesehatan dan pendidikan masyarakat sangat mendesak di pasar tenaga kerja.

Apalagi di masa depan tenaga kerja berkembang pesat dan semakin dibentuk oleh tekonologi.

Laporan itu juga menjelaskan, jumlah robot yang beroperasi di seluruh dunia diprediksi meningkat pesat, dan memicu kekhawatiran akan krisis pekerjaan.

Namun, teknologi meletakkan jalan untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produktivitas dan memberikan pelayanan publik yang efektif.

Ketakutan seputar inovasi, yang telah mengubah standar hidup, pun menjadi tidak berdasar.

Teknologi digital memacu inovasi dan pertumbuhan yang cepat, mengganggu pola produksi lama dan mengaburkan batas-batas perusahaan.

Model bisnis baru, seperti platform digital, berkembang dengan kecepatan luar biasa dari perusahaan rintisan lokal hingga raksasa global, seringkali dengan sedikit aset atau karyawan nyata.

Pasar dan pekerjaan baru mendorong permintaan akan karyawan dengan keterampilan kerja tim, komunikasi, dan pemecahan masalah.

Teknologi tidak hanya mengubah cara orang bekerja tetapi juga istilah di mana mereka bekerja, menciptakan lebih banyak pekerjaan non-tradisional dan “pertunjukan” jangka pendek.

Hal ini membuat beberapa pekerjaan lebih mudah diakses dan fleksibel, tetapi menimbulkan kekhawatiran tentang ketidakstabilan pendapatan dan kurangnya perlindungan sosial.

Sayangnya, empat dari lima orang di negara berkembang tidak pernah tahu apa artinya hidup dengan perlindungan sosial.

Artinya, 2 miliar orang bekerja di sektor informal, tidak terlindungi oleh pekerjaan berupah yang stabil, kesejahteraan sosial, atau manfaat pendidikan.

Laporan tersebut menantang pemerintah untuk merawat warganya dengan lebih baik, menyerukan tingkat perlindungan sosial minimum yang dijamin secara universal.

Inklusi sosial penuh akan memakan biaya, tetapi hal itu dapat dicapai dengan reformasi regulasi pasar tenaga kerja di beberapa negara dan, secara global, perombakan kebijakan perpajakan yang telah lama tertunda.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/08/28/183000365/10-pekerjaan-paling-banyak-dicari-dari-marketing-hingga-web-developer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke