Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politik Aliansi Perang Dunia I

Kompas.com - 26/01/2024, 14:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Perang Dunia I berlangsung sejak 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918.

Perang Dunia I dimulai ketika Austria-Hongaria mendeklarasikan perang terhadap Serbia.

Segera setelah itu, sejumlah negara turut terjun ke dalam kecamuk Perang Dunia I akibat adanya politik aliansi.

Selama empat tahun, negara yang terlibat Perang Dunia I mencapai 135 negara di dunia.

Bagaimana politik aliansi semasa Perang Dunia I.

Baca juga: Penggunaan Senjata Fosfor Putih pada Masa Perang Dunia I

Politik aliansi Perang Dunia I

Salah satu Penyebab Perang Dunia I adalah pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand, calon pemimpin Kerajaan Austria-Hongaria, oleh orang Serbia.

Austria-Hongaria memulai Perang Dunia I ketika mendeklarasikan perang terhadap Serbia, menyusul krisis yang terjadi akibat kebuntuan atas kasus pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand.

Perang antara Serbia dan Austria-Hongaria pun melebar hingga melibatkan banyak negara, akibat adanya politik aliansi.

Sebagai negara yang bersekutu dengan Serbia, Rusia berjanji akan membantu melawan Austria-Hongaria.

Sedangkan Austria-Hongaria mendapat jaminan perlindungan dari Kaisar Jerman, Wilhelm II.

Mendengar hal itu, Perancis turut tercebur ke dalam konflik setelah menjanjikan bantuan kepada Rusia dan Serbia, dengan menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 Agustus 1914.

Baca juga: Mengapa Amerika Serikat Terlibat dalam Perang Dunia I?

Situasi itu lantas digunakan oleh Jerman untuk memulai serangan ke Perancis dan Rusia, tetapi dengan menyerang Belgia lebih dulu.

Pada 4 Agustus, Jerman telah menduduki Belgia, yang membuat Inggris menyatakan perang terhadap Jerman, di hari yang sama.

Alhasil, terdapat dua politik persekutuan yang terbentuk saat Perang Dunia I, yakni Blok Sekutu (Serbia, Inggris, Italia, Perancis, Rusia) dan Blok Sentral (Jerman, Austria-Hongaria, Turki, Bulgaria).

Dua aliansi dalam Perang Dunia I tersebut anggotanya semakin bertambah seiring waktu, karena negara-negara di Eropa, Asia, Amerika, Afrika, dan Australasia juga terlibat dengan cara berbeda.

Ada yang secara langsung menyatakan perang karena politik aliansi, ada yang wilayahnya hanya digunakan sebagai gudang barang dan menahan tawanan perang, ada pula negara yang memobilisasi jutaan pasukan dan memasok senjata untuk Perang Dunia I.

Oleh sebab itu, secara keseluruhan, Perang Dunia I melibatkan sekitar 135 negara di dunia dan menjadi salah satu peperangan terbesar dalam sejarah.

Baca juga: Blok Sentral Perang Dunia I

Jumlah personel militer yang diterjunkan ditaksir mencapai 70 juta orang, di mana korban tewas mencapai 9 juta jiwa dari kalangan militer dan 7 juta dari golongan warga sipil.

Perang Dunia I berakhir pada 11 November 1918, ketika Jerman kalah dari Blok Sekutu dan menandatangani Perjanjian Versailles di Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com