Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Hari Nasional Perancis atau Hari Bastille?

Kompas.com - 27/04/2023, 21:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

Sumber History

KOMPAS.com - Hari Nasional Perancis atau Hari Bastille dalam Bahasa Perancis disebut Fete nationale francaise.

Hari Nasional Perancis diperingati pada tanggal 14 Juli yang bertepatan dengan kejadian sejarah penyerbuan Penjara Bastille pada awal Revolusi Perancis pada 1789.

Berikut sejarah Hari Nasional Perancis.

Baca juga: Penjara Bastille, Sasaran Pertama Revolusi Perancis

Peristiwa 14 Juli di Perancis

Hari Nasional Perancis merupakan hari libur pada setiap 14 Juli, untuk memperingati penyerbuan Penjara Bastille pada 14 Juli 1789.

Penyerbuan Penjara Bastille menjadi hari bersejarah yang menandai dimulainya Revolusi Perancis.

Sejak pemerintahan Louis XIV (1643-1715), Bastille yang awalnya dibangun sebagai benteng, digunakan sebagai penjara bagi para pejabat atau masyarakat kelas atas Perancis yang menentang kebijakan raja.

Kemudian, di bawah Louis XV (1715-1774) dan Louis XVI (1774-1792), Bastille juga digunakan sebagai penjara bagi tahanan dari berbagai latar belakang dan mendukung upaya pemerintah menegakkan sensor terhadap media cetak.

Kebijakan yang diterapkan raja telah mengakibatkan rakyat Perancis terjebak dalam kemiskinan, kesengsaraan, serta kehidupan yang tidak jelas dalam waktu sangat lama.

Hal itulah yang memicu terjadinya pemberontakan di seluruh Paris pada 14 Juli 1789, yang kemudian dikenal sebagai peristiwa Revolusi Perancis.

Baca juga: Mengapa Penjara Bastille Menjadi Sasaran Pertama Revolusi Perancis?

Penjara Bastille menjadi sasaran pertama Revolusi Perancis karena dianggap sebagai lambang absolutisme dan tirani kerajaan.

Selain digunakan untuk mengurung mereka yang berani dengan lantang melawan kesewenangan raja, Penjara Bastille juga merupakan gudang persenjataan kerajaan.

Dalam peristiwa Penyerbuan Penjara Bastille pada 14 Juli 1789, tujuh tahanan yang tersisa dibebaskan oleh rakyat, sementara bangunannya dihancurkan hingga tinggal fondasinya saja.

Setelah dihancurkan, puing-puing Bastille disebar di seluruh jalanan Paris sebagai simbol penggulingan monarki absolut.

Sekitar 20 hari setelah peristiwa Penyerbuan Penjara Bastille, konstituante secara resmi menghapuskan feodalisme dari Perancis.

Baca juga: Revolusi Perancis: Penyebab, Dampak, dan Pengaruh terhadap Indonesia

Perayaan Hari Nasional Perancis

Pentingnya peristiwa Penyerbuan Penjara Bastille pada 14 Juli 1789 membuat banyak pihak bersemangat bahwa hari itu harus dirayakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com