Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prasasti Padang Roco, Hadiah Raja Singasari untuk Kerajaan Dharmasraya

Kompas.com - 21/08/2022, 12:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Prasasti Padang Roco adalah salah satu peninggalan Kerajaan Dharmasraya yang pernah berdiri di Sumatera Barat pada abad ke-12.

Prasasti ini ditemukan di kompleks percandian Padangroco di Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Prasasti Padang Roco merupakan hadiah dari Raja Singasari, yang berkedudukan di Jawa Timur, untuk Kerajaan Dharmasraya.

Setelah ditemukan pada 1911, Prasasti Padang Roco kemudian diboyong ke Jakarta dan ditempatkan di Museum Nasional Indonesia.

Baca juga: Kerajaan Dharmasraya: Sejarah, Raja-raja, dan Peninggalan

Isi Prasasti Padang Roco

Prasasti Padang Roco berbentuk balok yang digunakan sebagai alas (lapik) dari arca Amoghapasa.

Prasasti ini memuat empat baris isi yang ditulis menggunakan aksara Kawi dalam dua bahasa, yakni bahasa Melayu Kuno dan Sanskerta.

Berikut isi Prasasti Padang Roco yang diterjemahkan oleh Slamet Muljana.

  1. Sukacita! Pada tahun Saka 1208, bulan Badrawada, hari pertama bulan naik, hari Mawulu wage, hari Kamis, Wuku Mada?kungan, letak raja bintang di barat daya...
  2. ...tatkala itulah arca paduka Amoghapasa lokeswara dengan empat belas pengikut serta tujuh ratna permata di bawa dari Bhumi Jawa ke Swarnnabhumi, supaya ditegakkan di Dharmmasraya,
  3. Sebagai hadiah Sri Wiswarupa Kumara. Untuk tujuan tersebut paduka Sri Maharajadhiraja Krtanagara Wikrama Dharmmottunggadewa memerintahkan rakryan maha-mantri Dyah Adwayabrahma, rakryan sirikan Dyah Sugatabrahma dan
  4. Samagat payanan han Dipankaradasa, rakryan damun Pu Wira untuk menghantarkan paduka Amoghapasa. Semoga hadiah itu membuat gembira segenap rakyat di Bhumi Malayu, termasuk brahmana, ksatrya, waisa, sudra dan terutama pusat segenap para aryya, Sri Maharaja Srimat Tribhuwanaraja Mauliwarmmadewa.

Baca juga: Hubungan Kerajaan Singasari dengan Kerajaan Majapahit


Informasi penting pada Prasasti Padang Roco

Isi Prasasti Padang Roco memuat informasi mengenai hubungan antara Kerajaan Dharmasraya di Sumatera Barat dan Kerajaan Singasari di Jawa Timur.

Informasi tersebut menguatkan berita China, yang menyatakan bahwa Kerajaan Dharmasraya menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan lain di Asia Tenggara, salah satunya adalah Kerajaan Singasari.

Prasasti Padang Roco menyebutkan bahwa pada tahun 1208 Saka atau 1286 Masehi, arca Amogaphasa dibawa dari Jawa menuju Sumatera untuk ditempatkan di Dharmasraya.

Arca yang berdiri di atas Prasasti Padang Roco ini merupakan hadiah dari Raja Kertanegara (1268-1292) sebagai tanda persahabatan dengan Sri Maharaja Srimat Tribhuwanaraja Mauliwarmmadewa (1286-1316).

Prasasti Padang Roco menyebut bahwa arca Amoghapasa diberangkatkan dari Jawa dengan diiringi beberapa pejabat Singasari.

Baca juga: Kertanegara, Pembawa Kejayaan dan Raja Terakhir Kerajaan Singasari

Dengan hadiah ini, Raja Kertanegara berharap agar rakyat Dharmasraya, baik dari kalangan brahmana, ksatria, waisya, sudra, dan tentunya Sri Maharaja Srimat Tribhuwanaraja Mauliwarmmadewa, dapat bersukacita.

Pemberian hadiah itu diduga berhubungan dengan Ekspedisi Pamalayu yang diberangkatkan oleh Raja Kertanegara pada 1275, guna menjadikan Sumatera sebagai benteng pertahanan dalam menghadapi ekspansi bangsa Mongol.

Oleh Raja Adityawarman, yang memerintah Dharmasraya pada pertengahan abad ke-14, bagian belakang arca Amoghapasa yang kosong kemudian juga dipahat prasasti, yang kemudian disebut sebagai Prasasti Amoghapasa.

Sehingga, batu besar peninggalan Kerajaan Dharmasraya ini memuat tiga benda bersejarah sekaligus, yakni arca Amoghapasa, Prasasti Amoghapasa, dan Prasasti Padang Roco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com