Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perundingan Dayton: Latar Belakang, Isi, dan Tokoh

Kompas.com - 08/02/2022, 14:00 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Perundingan Dayton adalah perjanjian untuk menghentikan Perang Bosnia yang telah berkecamuk sejak 1992 hingga 1995.

Perang Bosnia sendiri diketahui sebagai salah satu pertempuran besar yang sampai melibatkan beberapa negara di dunia, seperti Jerman, Perancis, dan Amerika Serikat.

Selama tiga tahun berlangsung, segala bentuk upaya perdamaian juga telah dilakukan, tetapi selalu gagal.

Sampai akhirnya, pada 14 Desember 1995, para tokoh menandatangani Perundingan Dayton, yang menjadi penanda berakhirnya Perang Bosnia.

Baca juga: Terjadinya Perang Bosnia (1992-1995)

Latar belakang

Memasuki tahun 1990-an, kondisi politik di Balkan semakin kacau, di mana terjadi konflik internal Republik Sosialis Federal Yugoslavia yang berujung pada disintegrasi.

Wilayah Slovenia dan Kroasia pun akhirnya memerdekakan diri dan menjadi negara berdaulat pada 1991.

Kemerdekaan kedua negara itu kemudian menginspirasi Bosnia-Herzegovina. Pemimpin Bosnia, Alija Izetbegovic, ingin mendapatkan hal yang sama.

Alhasil, sejak 19 Februari hingga 1 Maret 1992 dilangsungkan referendum, yang hasilnya hampir 100 persen pemilih menghendaki Bosnia-Herzegovina merdeka.

Dua hari setelahnya, Alija langsung mengumumkan kemerdekaan Bosnia, yang disusul dengan pengakuan secara internasional beberapa hari kemudian.

Sayangnya, kemerdekaan Bosnia ini memicu terjadinya konflik internal, terutama dari ketiga etnik terbesarnya, yakni Bosniak, Serb, dan Kroat, yang memiliki pandangan berbeda mengenai masa depan negaranya.

Baca juga: Latar Belakang Konflik Yugoslavia

Sedangkan bagi orang Serbia, kemerdekaan Bosnia tidak sah. Banyak dari orang Serbia yang ingin membentuk satu negara etnik di keseluruhan daerah Balkan.

Demi mewujudkan keinginan tersebut, orang-orang Serbia pun mengancam akan melakukan pertempuran terhadap Bosnia, dan akhirnya meletus Perang Bosnia antara Serbia dengan Bosnia, pada 2 April 1992.

Perang Bosnia terus berlangsung hingga mencuri perhatian dunia. Negara-negara Eropa seperti Jerman dan Perancis juga ikut turun tangan untuk menyelesaikan masalah ini.

Mereka berusaha mencapai perdamaian, namun selalu berujung pada kegagalan. Sampai akhirnya, Amerika Serikat juga terjun ke medan pertempuran.

Baca juga: Sejarah Konflik Serbia-Albania

Tokoh Perjanjian Dayton

Setelah tiga tahun, pada Agustus 1995 mulai terlihat titik terang untuk mengakhiri Perang Bosnia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com