Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metabolisme pada Tubuh Manusia

Kompas.com - 12/10/2022, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Metabolisme merupakan seluruh reaksi kimia yang bertujuan mempertahankan kehidupan yang terjadi di dalam suatu organisme.

Terdapat tiga tujuan utama proses metabolisme, yaitu: 

  • Mengonversi bahan bakar atau makanan untuk dijadikan bahan baku penyusun protein, lipid, asam nukleat dan beberapa jenis karbohidrat.
  • Mengonversi makanan  energi untuk menjalankan proses pada tingkat seluler
  • Mengeliminasi limbah metabolis.

Metabolisme juga dapat dikatakan sebagai terjadinya semua reaksi kimia yang pada organisme hidup, termasuk perpindahan zat dan pencernaan dalam dan di antara sel yang berbeda.

Baca juga: Metabolisme: Pengertian, Proses, dan Faktornya

Kelompok reaksi yang terjadi pada tingkat sel dikenal dengan nama metabolisme perantara atau metabolisme intermediet.

Tahapan metabolisme

Metabolisme adalah proses dasar yang terjadi pada setiap makhluk hidup. Pada tubuh manusia, metabolisme bekerja melalui dua proses, yaitu:

Katabolisme

Katabolisme adalah proses pembakaran kalori dari makanan beserta pengolahan dan pemecahan nutrisinya yang digunakan oleh tubuh sebagai energi. Metabolisme akan mengubah zat-zat dalam makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.

Contohnya seperti asam amino yang sebelumnya adalah kandungan protein, karbohidrat menjadi glukosa, dan lemak menjadi asam lemak.

Selanjutnya zat-zat tersebut diserap ke dalam darah dan didistribusikan ke sel-sel tubuh untuk digunakan ketika tubuh memerlukan sumber energi.

Baca juga: Apa Perbedaan Katabolisme dan Anabolisme?

Anabolisme

Anabolisme adalah tahap pembakaran energi. Dikatakan demikian, karena energi yang ada akan digunakan untuk perbaikan jaringan tubuh yang rusak sehingga terbentuk yang baru sekaligus menghasilkan berbagai hormon.

Jika mengonsumsi lebih banyak kalori dari makanan maupun minuman, maka secara otomatis tubuh juga akan menyimpan lebih banyak energi yang dihasilkan sebagai jaringan lemak.

Faktor metabolisme tubuh

Setiap orang memiliki kemampuan berbeda dalam menghasilkan energi melalui tingkat metabolisme atau banyaknya kalori yang dibakar oleh tubuh.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi tingkat metabolisme: 

  • Suhu tubuh

Secara alami, metabolisme akan meningkat ketika suhu tubuh menurun (hipotermia) atau ketika tubuh kedinginan. Hal itu terjadi agar suhu tubuh meningkat dan menjadi normal, maka organ di dalam tubuh juga dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Transformasi Energi dan Metabolisme Sel

  • Stimulan

Stimulan seperti kafein yang terkandung di dalam minuman dan obat-obatan yang mengandung stimulan seperti metilfenidat atau amfetamin juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com