Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Sumber Karbohidrat dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kompas.com - 12/07/2022, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Jambi

 

KOMPAS.com - Tubuh kita memerlukan karbohidrat setiap hari agar tetap sehat dan kuat. Tanpa asupan karbohidrat, tubuh akan lemas tak bertenaga.

Karbohidrat juga merupakan makanan bagi otak kita. Sehingga, Karbohidrat adalah zat gizi yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. 

Jenis makanan sumber karbohidrat

Karbohidrat ini bersumber dari makanan, misalnya beras, jagung, Sorgum, gandum, sagu, buah-buahan, biji-bijian, porang, singkok, dan kentang. Berikut penjelasannya: 

Beras (Oryza sativa)

Beras dalam bahasa latin disebut Oryza sativa merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Beras memiliki cita rasa yang lezat, rasanya manis, pulen serta beraroma wangi. Beras termasuk makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Baca juga: Tahap-Tahap Proses Katabolisme Karbohidrat

Sebelum mengenal beras, masyarakat Indonesia mengonsumsi umbi-umbian. Beras pertamakali dibawa oleh para pedagang dari India dan China, jauh sebelum kedatangan para kolonial.

Bahkan ada pahatan padi pada relief dinding candi Borobudur, serta dalam buku Negara Kertagama tertulis bahwa kerajaan Majapahit telah menanam padi secara luas.

Artinya, pada Zaman Hindu-Buddha beras sudah dikenal masyarakat luas di Indonesia dan terus berkembang hingga sekarang.

Jagung (Zea mays)

Jagung merupakan tanaman yang berbuah sekali saja dalam satu masa tanam, terdiri dari 1-3 buah yang tumbuh disisi atas daun. Bagian bawah tongkolnya menempel pada batang Jagung.

Jagung merupakan tanaman yang berasal dari daerah Amerika Tengah seperti Meksiko. Konon, masyarakat Indian kuno telah mengenal jagung sebagai makanan pokok mereka.

Jagung diperkenalkan ke Indonesia oleh para penjajah Portugis di abad ke-12. Hingga kini, jagung merupakan pilihan makanan pokok kedua setelah beras dan masih sangat digemari bagi masyarakat di Indonesia.

Sorgum (Sorghum bicolor)

Sekilas anatomi batang tumbuhan ini mirip sekali dengan jagung. Namun sorgum berbuah di ujung tanaman dan memiliki ribuan bulir dalam satu tangkainya.

Buah inilah yang kemudian diolah menjadi tepung dan dapat dimasak untuk dimakan. Tanaman Sorgum kini terus dikembangkan terutama di daerah Lombok. 

Baca juga: Apa Fungsi Karbohidrat Untuk Tubuh?

Gandum (Triticum spp)

Gandum juga merupakan makanan yang mengandung karbohidrat. Gandum lebih dahulu dikenal pada masyarakat Syiria, Turki, dan Arab. Gandum tumbuh seperti rumput berdaun mirip ilalang. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com