Kompas.com - 04/07/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.comTeori asal-usul kehidupan generasi spontan Aristoteles di dukung oleh banyak ilmuan, namun kemudian dipatahkan oleh Louis Pasteur. Berikut adalah penjelasan percobaan Louis Pasteur!

Latar belakang percobaan Louis Pasteur

Louis Pasteur adalah seorang ahli kimia sekaligus mikrobiologi asal Prancis. Pasteur adalah seorang ilmuan terkemuka yang menyumbangkan ilmunya bagi kemajuan sains, teknologi, juga kedokteran.

Percobaan Loius Pasteur dilakukan pada abad ke-19, setelah Charles Darwin mengemukakan teori evolusi dalam bukunya yang berjudul “On the Origin of Species”.

Baca juga: Teori Generatio Spontanea: Teori Asal-usul Kehidupan

Pada saat itu, teori generasi spontan telah disanggah oleh Francisco Redi dan juga Lazzaro Spallanzani. Namun, Louis Pasteur mencoba untuk menyelesaikan berbagai pertanyaan tentang teori generasi spontan yang belum terjawab.

Percobaan Louis Pasteur

Tidak seperti pendahulu teori biogenesis lainnya, Louis Pasteur menggunakan alat eksperimen yang disebut dengan labu leher angsa.

Dilansir dari Worcester Medical Museums, labu leher angsa adalah penemuan Pasteur berupa labu kaca dengan leher yang meliuk berbentuk huruf S dan mirip dengan leher angsa.

Pasteur kemudian membersihkan labu leher angsa tersebut. Dilansir dari Microbe Notes, Pasteur kemudian memasukkan kaldu ke dalam labu leher angsa, memanaskan lehernya dengan api, laru melakukan perebusan.

Baca juga: Teori John Needham tentang Asal Usul Kehidupan

Perebusan dilakukan cukup lama hingga semua mikroorganisme di dalam labu leher angsa mati. Artinya, tidak ada kehidupan di dalam botol angsa.

Adapun, leher labu dipanaskan dengan api untuk tujuan yang sama yaitu membunuh mikroorganisme yang menempel di dalamnya juga di udara dalam labu.

Kaldu dalam labu leher angsa tersebut didiamkan dalam waktu yang lama. Pasteur mengemati bahwa kaldu tidak berubah menjadi keruh dan tidak ada pertumbuhan organisme di dalamnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.