Teori Asal-Usul Kehidupan

Kompas.com - 21/01/2021, 17:13 WIB
Ilustrasi kehidupan bumi di zaman mesozoik. Dinosaurus mendominasi kehidupan pada masa itu. WIKIMEDIA COMMONS/Gerhard BoeggemannIlustrasi kehidupan bumi di zaman mesozoik. Dinosaurus mendominasi kehidupan pada masa itu.

KOMPAS.com - Pernahkah kamu membayangkan dari mana kehidupan itu berasal? Apakah tercipta begitu saja? Atau melalui berbagai proses panjang yang rumit?

Dalam menjawab pertanyaan besar tersebut, manusia telah banyak membuat teori tentang asal-usul kehidupan di Bumi.

Ada banyak sekali teori asal-usul kehidupan di Bumi. Ada teori abiogenesis yang meyakini bahwa kehidupan berasal dari benda mati. Ini karena anggapan tikus muncul begitu saja dari roti dan keju yang disimpan dalam pojokan ruang yang gelap.

Namun teori abiogenesis yang dipercayai hingga ke abad 17 ini dipatahkan oleh Louis Pasteur.

Kembali ke masa lampau

Teori asal-usul kehidupan di Bumi disusun berdasarkan hasil analisis data dari peristiwa masa lampau.

Karena untuk mengetahui bagaimana kehidupan dimulai, kita harus kembali ke masa lalu di mana semuanya berawal.

Dilansir dari Encyclopedia, metode analisis data peristiwa masa lalu berarti menganalisis proses yang terjadi sesuai dengan urutan waktu.

Baca juga: Teori Abiogenesis

Misalnya untuk mengetahui umur Bumi, para arkeolog mengukur usia batuan tertua yang tertanam jauh di kedalaman permukaan Bumi.

Dilansir dari Khan Academy, arkeolog menukan bahwa Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar juta tahun yang lalu. Namun ternyata kehidupan di Bumi baru ditemukan sekitar 3,5 miliar juta tahun yang lalu.

Pada awal terbentuknya Bumi hanya tersisi materi anorganik (tidak hidup) tanpa adanya kehidupan. Lalu 1 miliyar tahun setelahnya barulah tercipta kehidupan yaitu materi organik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X