Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bidang Fungsional Manajemen

Kompas.com - 21/03/2022, 18:00 WIB
Rita Puspaningsih,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Manajemen merupakan proses mengelola suatu perusahaan yang dijalankan oleh sekelompok orang.

Menurut Handoko, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha para anggota organisasi, serta penggunaan sumber daya organisasi lainnya, guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sedangkan menurut Siswanto, manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

Dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk mengatur dan mengelola berbagai sumber daya, dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien.

Dalam manajemen, ada bidang fungsional yang merupakan suatu kesatuan yang dibutuhkan oleh organisasi, masing-masing saling terkait dan bergantung.

Keberhasilan manajemen ditentukan oleh bidang fungsional. Artinya keberhasilan organisasi berasal dari salah satu atau semua bidang fungsional manajemen.

Baca juga: 4 Proses Manajemen dalam Perusahaan

Meski demikian, tidak ada satu pun organisasi yang mampu mempertahankan kesuksesan dalam jangka panjang, hanya bertumpu pada salah satu bidang fungsional saja.

Dikutip dari buku Pengantar Manajemen (2019) karangan Sentot Imam Wahjono, dkk, pada umumnya bidang manajemen secara fungsional terbagi menjadi empat, yaitu:

  1. Manajemen sumber daya manusia
  2. Manajemen pemasaran
  3. Manajemen operasional atau produksi
  4. Manajemen keuangan.

Manajemen sumber daya manusia

Manajemen sumber daya manusia yang dimaksud adalah yang menentukan kegagalan atau keberhasilan organisasi, secanggih apa pun mesin, sistem, perangkat komputer, akan menjadi sia-sia jika tidak ditopang oleh manusia itu sendiri.

Dikutip dari jurnal Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada CV RJ Depok (2015) karangan Ahmad Hanapi dan Nurmin Arianto, manajemen sumber daya manusia diperlukan dan harus difungsikan dengan baik.

Tujuannya supaya sumber daya manusia memiliki produktivitas yang tinggi, baik dalam produksi barang atau jasa, maupun memberi pelayanan yang memuaskan konsumen.

Manajemen sumber daya manusia berfokus pada upaya menggerakkan tenaga kerja sesuai tanggung jawab yang diberikan. Mulai dari pengadaan seleksi hingga proses pelepasan pegawai.

Sumber daya manusia menjadi penentu keberhasilan atau kegagalan organisasi karena secanggih apa pun mesin, sistem, atau perangkat komputernya akan sia-sia, jika tidak ditopang oleh manusia.

Baca juga: Fungsi-Fungsi Manajemen dan Contohnya

Tanpa manusia, perusahaan hanyalah seonggok mesin di bawah atap pabrik, atau sekumpulan kertas di dalam gedung kantor yang tidak berarti.

Mesin dan kantor memerlukan manusia untuk digerakkan dan dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berarti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com