Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Menggunakan Hak dengan Bertanggung Jawab

Kompas.com - 18/03/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Hak harus digunakan secara bertanggung jawab, agar tidak merugikan diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitar.

Tiap manusia memiliki hak dan kewajiban yang melekat pada dirinya. Penggunaan hak dan pelaksanaan kewajiban memang sudah seharusnya diiringi sikap tanggung jawab.

Dikutip dari buku Modul Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi (2021) karya Nyoman Ayu Putri Lestari, hak bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang diperoleh seseorang.

Contohnya, masyarakat Indonesia memiliki hak sebagai warga negara, antara lain mendapat perlindungan, rasa aman, bebas beragama, dan punya kedudukan sama di mata hukum.

Apa manfaat menggunakan hak dengan tanggung jawab?

Hak sifatnya mutlak dan bebas. Mutlak berarti hak menjadi milik atau kepunyaan tiap manusia. Sedangkan bebas artinya manusia bisa menggunakan haknya tanpa diganggu atau direbut orang lain.

Walau bersifat mutlak dan bebas, penggunaan hak juga harus disertai rasa tanggung jawab.

Baca juga: Apa Saja Hak dan Kewajiban Seorang Petani?

Dilansir dari buku Pluralisme dalam Bingkai Budaya (2020) karya Yunus dan Subhan Fadli, hak harus disertai tanggung jawab. Karena jika tidak, akan menimbulkan akibat yang mengganggu.

Hak hanya dapat dilindungi, jika digunakan secara tanggung jawab dan ikut menghormati serta menghargai hak orang lain.

Jelaskan manfaat menggunakan hak dengan bertanggung jawab

Manfaat menggunakan hak dengan bertanggung jawab adalah tidak menimbulkan masalah atau konflik, perbuatan semena-mena, dan ketimpangan.

Masalah dan ketimpangan akan timbul jika seseorang menggunakan haknya secara semena-mena dan tidak bertanggung jawab.

Penggunaan hak disertai rasa tanggung jawab tidak akan merugikan diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitarnya.

Misal, Anggi sebagai seorang siswa menggunakan haknya secara bertanggung jawab, yakni giat belajar dan mendengarkan penjelasan guru.

Baca juga: Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah

Apabila Anggi tidak menggunakan haknya secara bertanggung jawab, pada akhirnya ia akan dirugikan, seperti mendapat nilai kurang bagus, bahkan tidak naik kelas.

Contoh lainnya, sebagai warga negara yang baik, kita harus bertanggung jawab dalam menggunakan fasilitas umum, misal merawat dan menjaganya.

Jika tidak menggunakan fasilitas umum dengan baik, kita, orang lain, dan lingkungan akan dirugikan, seperti timbul rasa tidak aman dan nyaman dalam memanfaatkan fasilitas umum.

Kesimpulannya, menggunakan hak dengan bertanggung jawab itu sangat penting. Supaya tidak merugikan diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitar kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com