Kompas.com - 28/10/2021, 15:30 WIB
Pusat Vulkanologi dan Mitgasi Bencana Geologi (PVMBG) www.esdm.go.idPusat Vulkanologi dan Mitgasi Bencana Geologi (PVMBG)

KOMPAS.comPVMBG merupakan singkatan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Sesuai namanya, tugas utama PVMBG berkaitan dengan bidang vulkanologi serta mitigasi bencana geologi.

Muhamad Fadillah dalam jurnal Peranan Pemerintah dalam Pelaksanaan Mitigasi Bencana (2020), PVMBG adalah unit dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM).

Tugas dan fungsi PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Tugas dan fungsi PVMBG

Berdasarkan Pasal 189 Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, berikut tugas PVMBG:

Melaksanakan penelitian, penyelidikan, perekayasaan dan pelayanan di bidang vulkanologi serta mitigasi bencana geologi.

Baca juga: Lembaga-Lembaga yang Menyediakan dan Memanfaatkan Data Geologi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam menjalankan tugasnya, PVMBG turut menyelenggarakan beberapa fungsi, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 190:

  • Penyiapan penyusunan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta rencana dan program di bidang vulkanologi dan mitigasi bencana geologi.
  • Pelaksanaan penelitian, penyelidikan, perekayasaan, pemetaan tematik, penetapan status tingkat aktivitas gunung api, peringatan dini aktivitas gunung api dan potensi gerakan tanah, serta pemberian rekomendasi teknis mitigasi bencana geologi.
  • Pembinaan jabatan fungsional pengamat gunung api.
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan penelitian, penyelidikan, perekayasaan, pemetaan tematik, peringatan dini aktivitas gunung api dan potensi gerakan tanah, pemberian rekomendasi teknis mitigasi bencana geologi, serta penyebaran informasi.
  • Pelaksanaan administrasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Bagaimana tugas PVMBG?

Berdasarkan penjelasan tugas dan fungsi di atas, tugas utama PVMBG ialah melakukan penelitian, penyelidikan, perekayasaan dan pelayanan di bidang vulkanologi serta mitigasi bencana geologi.

Dilansir dari situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, PVMBG juga bertugas untuk memantau serta melakukan monitor aktivitas gunung api di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Pengaruh Gempa bagi Gunung Api dan Sekitarnya

Tiap pos pemantauan gunung api di berbagai wilayah Indonesia akan selalu memantau aktivitas gunung. Data hasil pantauan aktivitas gunung api dilaporkan ke PVMBG, sebagai dasar penentuan tingkat aktivitas gunung api serta rekomendasi mitigasi bencana sesuai aturan yang berlaku.

Apabila terjadi peningkatan serta perubahan status atau tingkat aktivitas gunung api, hal tersebut akan selalu dicatat dan kemudian dilaporkan kepada BNPB, Gubernur, dan Bupati di wilayah yang bersangkutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber ESDM
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.