Kompas.com - 28/10/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi kartu pos freepik.com/macrovectorIlustrasi kartu pos

KOMPAS.com – PT. Pos Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara yang melayani lalu lintas suratpos, uang, barang, juga pelayanan jasa lainnya. Salah satu layanan Pos adalah wesel pos dan kartu pos.

Perbedaan wesel dan kartu pos

Wesel pos dan kartu pos, dapat dikirim ke dalam maupun luar negeri. Perbedaan dari wesel pos dan kartu pos terletak pada fungsinya. Wesel pos adalah layanan pengiriman uang, sedangkan kartu pos adalah kartu berisi surat.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 1984 tentang Pos disebutkan bahwa kartu pos adalah surat yang ditulis di atas kartu dengan bentuk dan ukuran tertentu, sedangkan wesel pos adalah sarana pelayanan pengiriman uang.

Pengiriman kartu pos termasuk layanan standar bisnis komunikasi Pos Indonesia. Adapun wesel pos adalah jasa layanan standard an juga prioritas bisnis keuangan Pos Indonesia.

Dilansir dari situs resmi Kantor Pos Indonesia, wesel pos atau remitansi adalah layanan pengiriman dan penerimaan uang yang memberikan solusi terhadap kecepatan, ketepatan, dan keamanan.

Baca juga: 5 Fungsi Surat dan Penjelasannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh wesel pospinterest.com/rocketmanajemen Contoh wesel pos
Wesel pos dapat dikirim dengan cara menyertakan ktp pengirim, nomor telepon pengirim dan penerima, serta nama juga alamat dari pengirim dan penerima.

Wesel pos berupa selembar formulir pengiriman uang dengan format baku yang telah disediakan Pos Indonesia. Pengisian formulir tersebut juga harus benar dan sesuai aturan agar wesel bisa sampai ke tujuan.

Adapun pengiriman wesel pos dapat dilacak, apakah masih dalam perjalanan ataupun sudah sampai ke tangan penerima. Wesel pos dapat dilacak menggunakan resinya melalui situs Pos Indonesia.

Dilansir dari Smithsonian Institution Archives, kartu pos dikirim melalui pos dengan prangko yang terlampir. Kartu pos berupa selembar kartu dengan satu sisi bergambar dan satu sisi kosong.

Sisi bergambar dapat diisi gambar apa saja, biasanya adalah gambar khas suatu kota maupun negara. Sehingga, kartu pos sering dijadikan oleh-oleh suatu perjalanan.

Adapun sisi kosong satunya diisi oleh pesan singkat yang sifatnya tidak rahasia. Tidak ada aturan dalam penulisan pesan di kartu pos, pengirim dengan bebas bisa menulis apa saja tanpa format tertentu.

Baca juga: Contoh Penulisan Salam Pembuka Pada Surat

Pesan singkat kartu pos ditulis dari satu orang ke orang lainnya dengan tujuan pribadi. Namun, ada juga kartu pos yang ditulis dengan tujuan bisnis maupun promosi.

Pengiriman kartus pos cenderung lebih mudah dibanding dengan wesel pos. Karena kartu pos cukup menyertakan nama dan alamat lengkap orang yang dituju.

Namun, kartu pos tidak dapat dilacak karena tidak ada resi pengirimannya. Sehingga, kita harus sabar menunggu kabar sampainya kartu pos tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.