Kompas.com - 28/10/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi bagian-bagian formulir freepik.com/storiesIlustrasi bagian-bagian formulir

KOMPAS.com – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering diharuskan untuk mengisi formulir. Modern ini, formulir tidak hanya berbentu kertas, namun juga dalam bentuk digital. Namun, apakah sebenarnya formulir? Bagimana bagian-bagian formulir?

Pengertian formulir

Winardi dalam buku Asas-asas Manajemen (2000) menyebutkan bahwa formulir adalah sehelai kertas cetak yang menyediakan ruang untuk dimuat catatan-catatan informas atau instruksi-instruksi yang akan diteruskan kepada individu, departemen, ataupun perusahaan.

Sehingga formulir adalah kertas yang dicetak sesuai dengan format yang telah ditentukan. Format tersebut kemudian bisa diidi sesuai dengan jenis informasi yang diperlukan oleh orang ataupun perusahaan yang membuat formulir tersebut.

Bagian-bagian formulir

Formulir terdiri dari tiga bagian utama yaitu bagian kepala atau pembuka, bagian isi atau badan, dan juga bagian ekor atau penutup. Berikut penjelasannya: 

Bagian kepala

Bagian kepala formulir berisi nama, alamat, dan kontak juga nomor telepon lembaga, institusi, ataupun perusahaan yang mengeluarkan formulir tersebut.

Baca juga: Contoh Formulir dalam Bahasa Inggris

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagian isi

Bagian isi formulir diawal dengan instruksi atau pengisian formulir. Kemudian dilanjutkan dengan tabel, isian, atau format apa pun dari formulir. Yang kemudian format tersebut diisi sesuai dengan data yang diinginkan berdasarkan dengan aturan dari instruksi pengisian.

Bagian ekor

Bagian ekor adalah bagian penutup formulir yang biasanya berisi tempat dan waktu pengisian formulir, nama lengkap pengisi, dan juga tanda-tangan pengisi formulir.

Fungsi formulir

Formulir memiliki banyak fungsi misalnya untuk mengumpulkan informasi tertentu, mengumpulkan dan merekam data, sebagai bukti untuk pertanggungjawaban, meminta dan mencatat suatu tindakan, juga sebagai media komunikasi baik antarindividu atau antara individu dengan perusahaan.

Tujuan formulir

Menurut Sedarmayanti dalam buku berjudul Dasar-dasar Pengetahuan tentang Manajemen Perkantoran (2001) tujuan dan maanfaat formulir adalah:

  • Menghemat waktu kerja
  • Mempermudah pekerjaan
  • Membentuk keseragaman kerja
  • Alat pemberian instruksi
  • Alat pengawasan dan evaluasi
  • Alat perencanaan

Baca juga: Cara Menulis Teks Prosedur Bahasa Inggris Sederhana

Contoh formulir pendaftaran dalam bahasa Inggris Contoh formulir pendaftaran dalam bahasa Inggris
Contoh formulir

Ada banyak sekali contoh formulir, karena formulir digunakan sebagai syarat administrasi di berbagai institusi.

Contohnya formulir pendaftaran sekolah, formulir pendaftaran anggota lembaga, formulir daftar riwayat hidup, formulir perminantaan izin, wesel pos, formulir transaksi penjualan, formulir perjanjian kerja, formulir riwayat kesehatan, formulir pemeriksaan kendaraan, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.