Kompas.com - 28/10/2021, 12:41 WIB
Ilustrasi merawat tanaman freepik.com/jcompIlustrasi merawat tanaman

KOMPAS.com – Tanaman di dalam rumah dapat memberikan kesan asri, udara yang lebih segar dan sejuk, juga dapat memperindah rumah.

Tanaman harus dirawat agar tumbuh dengan baik. Bagaimana cara merawat tanaman di rumah?

Merawat tanaman

Berikut adalah cara merawat tanaman di rumah agar tumbuh dengan baik dan memberikan kesegaran bagi rumah: 

Memberikan sinar matahari yang cukup

Tanaman adalah makhluk hidup autotrof atau membuat makanannya sendiri. Sinar matahari dibutuhkan tanaman untuk bisa berfotosintesis dan membuat makanannya sendiri.

Dilansir dari Sciencing, energi cahaya matahari memicu reaksi kimia yang memecah karbon dioksida dan molekul air untuk menciptakan gula dan oksigen.

Baca juga: Contoh Cerita Pengalaman Menanam dan Merawat Tanaman di Rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memberikan air yang cukup

Tanaman harus diberikan air yang cukup, jangan terlalu banyak hingga tanaman tergenang namun juga jangan terlalu sedikit. Air diperlukan untuk transport elektron dan proses fotosintesis pada sel-sel tanaman.

Mengutip dari Gardening Know How, ciri-ciri tanaman yang kekurangan air adalah layu, tanah kering, ujung daun kering atau bahkan mati, pertumbuhan yang lambat, serta jejak yang terlihat bila tanah diinjak.

Menjaga suhu dan kelembapan tanaman

Tanaman harus dijaga suhu dan kelembapannya agar bisa tumbuh dengan baik. Tanaman tidak boleh berada ditempat yang terlalu dingin ataupun terlalu panas. Tidak boleh juga ditempat yang terlalu kering maupun terlalu lembap.

Memotong bagian yang kering

Kita juga bisa merawat tanaman dengan cara memotong bagian yang kering, mati, atau terkena hama. Memotong bagian yang rusak tersebut bagus untuk merangsang pertumbuhan tanaman, tapi pemotongan tidak boleh terlalu banyak karena bisa merusak tumbuhan.

Memberikan pupuk

Seperti manusia, tanaman juga membutuhkan nutrisi berupa unsur hara. Dilansir dari How Stuff Works, tiga unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar adalah nitrogen, fosfor, dan juga kalium.

Baca juga: Contoh Sikap Bijaksana terhadap Tumbuhan

Adapun unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit aalah sulfur, kalsium, magnesium, besi, mangan, kobalt, boron, tembaga, dan seng.

Pada tanah di rumah kerap kali tidak tersedia nutrisi tersebut. Sehingga kita harus memberikan pupuk yang kaya dengan unsur hara kepada tanaman.

Ingatlah untuk menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan dibanding pupuk anorganik yang berbahaya bagi lingkungan hidup.

Memastikan tanaman bebas dari hama penyakit

Memastikan tanaman bebas dari hama penyakit juga merupakan salah satu cara merawat tanaman. Ketika tanaman terindikasi hama penyakit, kita bisa mengobatinya tergantung dengan jenis hama penyakit yang menghinggapi tanaman tersebut.

Menjaga kebersihan tanaman

Kita harus menjaga kebersihan tanaman untuk merawatnya. Membersihkan pot dan lahan tanaman dari rumput liar, tanaman hama, dan juga sampah adalah cara yang bisa dilakukan.

Baca juga: Dampak Sikap Bijaksana Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.