Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide-Ide Kesepakatan Kelas Supaya Antarteman Tidak Saling Menyakiti

Kompas.com - 11/10/2021, 16:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comKesepakatan kelas disusun dan diwujudkan supaya antarteman tidak saling menyakiti. Kesepakatan kelas muncul karena adanya pendapat yang disepakati bersama, baik guru dengan murid, ataupun antarteman.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kesepakatan adalah suatu hal yang disepakati. Sedangkan kelas adalah ruang tempat belajar atau menempuh pendidikan di sekolah.

Jadi, kesepakatan kelas bisa diartikan sebagai suatu hal yang disepakati bersama, baik guru dengan siswa, maupun antarteman, dalam lingkup tempat belajar di sekolah.

Ide kesepakatan kelas 

Menurut Rr. Sri Noviani Wulandari dalam Kereta Api Kesepakatan Kelas (Buku Guru Belajar Edisi Kolaborasi Literasi Bermakna Kota Batu – Inovasi) (2019), kesepakatan kelas ditujukan untuk meraih tujuan bersama.

Kesepakatan kelas bisa dalam bentuk apa pun, asalkan berkaitan dengan lingkungan kelas di sekolah. Salah satu contohnya kesepakatan kelas supaya antarteman tidak saling menyakiti.

Baca juga: Manfaat Memiliki Teman dengan Keterampilan Berbeda

Berikut ide kesepakatan kelas supaya antarteman tidak saling menyakiti

  • Saling peduli dan saling menolong antarteman

Peduli artinya memiliki sikap perhatian kepada teman. Saling menolong artinya membantu teman yang mengalami kesulitan. Contohnya mengajak teman ke UKS apabila ada yang sakit, belajar bersama, dan masih banyak lagi.

  • Menanamkan sikap tanggung jawab

Antarteman dalam satu kelas sebaiknya memiliki sikap tanggung jawab. Contohnya bertanggung jawab untuk membersihkan kelas sesuai jadwal piket, bertanggung jawab untuk mengembalikan barang-barang ke tempatnya, dan lainnya.

  • Memiliki sikap jujur dan tertib

Sikap jujur dan tertib bisa menjadi salah satu kesepakatan kelas supaya antarteman tidak saling menyakiti. Jujur bisa diartikan tidak berbohong dan tidak berbuat curang. Sedangkan tertib adalah taat pada aturan dan bersikap sopan.

Contohnya bersikap jujur jika berbuat salah dan berani meminta maaf, berperilaku sopan kepada teman, dan sebagainya.

Baca juga: Manfaat Memiliki Teman yang Berasal dari Daerah yang Sama

  • Berperilaku adil dan tidak membeda-bedakan teman

Antarteman hendaknya saling berperilaku adil dan tidak membeda-bedakan teman. Supaya tidak ada teman yang tersakiti atau merasa tersinggung.

Contohnya kita tidak boleh membeda-bedakan teman hanya karena berbeda agama atau warna kulitnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com