Kompas.com - 09/10/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi ikan koi. PIXABAY/ENDRI YANA YANAIlustrasi ikan koi.

KOMPAS.com – Ada sekitar 8,7 juta spesies hewan yang hidup di planet bumi. Masing-masing hewan memiliki ciri khasnya masing-masing, salah satunya adalah suara.

Kita bisa mengenali beberapa hewan dari suara yang dikeluarkannya. Namun tahukah kamu, hewan apa yang paling hening?

Berikut adalah 10 hewan-hewan paling hening di dunia:

Ikan

Ikan merupakan salah satu hewan paling hening di dunia. Ikan tidak memiliki pita suara dan berenang dengan tenang. Namun, ternyata ikan mengeluarkan suara dengan cara membuat gelembung dan menggosokkan tulang siripnya.

Suara yang dihasilkan sangatlah kecil, sehingga manusia tidak bisa mendengarnya. Suara tersebut juga teredam oleh air. ikan hiu dengan tubuh besarnya juga sangatlah hening, mereka dapat berenang dengan cepat tanpa menghasilkan suara apa pun.

Baca juga: Kenapa Hewan Punya Ekor?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cacing

Cacing merupakan hewan paling hening lainnya di dunia. Cacing tidak mengeluarkan suara apa pun, selain karena tubuhnya yang kecil cacing juga tidak memiliki pita suara. Namun, cacing bisa merespons suara karena kulitnya memiliki sel-sel sensorik yang peka terhadap getaran.

Dilansir dari Science Daily, sel-sel sensorik cacing mengirim sinyal ke otaknya untuk menghasilkan respons. Sehingga cacing bisa menghindari sumber suara tersebut yag kemungkinan besar membahayakan dirinya.

Siput, salah satu hewan tersunyi di duniafreepik.com/wirestock Siput, salah satu hewan tersunyi di dunia
Siput

Selain cacing, siput juga sangatlah hening. Siput tidak memiliki pita suara dan bergerak dengan sangat lambat, membuatnya tidak mengeluarkan suara apa pun.

Gurita

Gurita merupakan hewan yang hening, mereka berburu dan berenang tanpa mengeluarkan suara apa pun. Gurita bahkan tuli, mereka tidak bisa mendengar suara apa pun.

Ubur-ubur dan bulu babi

Ubur-ubur dan bulu babi merupakan hewan yang tidak memiliki otak. Keduanya tidak bisa menghasilkan suara apa pun, sehingga tergolong hewan paling hening di dunia.

Baca juga: 7 hewan Paling Beracun di Dunia

Kelinci

Kelinci tidak memiliki pita suara, membuatnya menjadi salah satu hewan paling hening di dunia. Di alam liar, kelinci biasanya tidak mengeluarkan suara apa pun kecuali ketika merasakan sakit.

Ketika sangat ketakutan, diserang, dan merasakan sakit yang parah kelinci baru akan mengeluarkan suara yang mirip seperti jeritan.

Ilustrasi burung hantufreepik.com/wirestock Ilustrasi burung hantu
Burung hantu

Seperti layaknya kebanyakan burung, burung hantu dapat mengeluarkan suara. Tapi, mereka lebih sering diam dan mendengarkan segala macam hal disekitarnya. Burung hantu mengintai dan menerkam mangsanya dalam keheningan.

Tidak seperti burung lainnya, burung hantu sangat hening ketika terbang. Dikutip dari National Audobon Society, burung hantu memiliki sayap dan bulu unik yang memungkinkan mereka terbang melalui pepohonan tanpa suara. Mereka menolak tubuh, terbang, dan mendarat tanpa suara sama sekali.

Baca juga: Hewan Paling Pendendam di Dunia

Kura-kura dan penyu

Kura-kura dan penyu adalah hewan yang hening, kedunya tidak memiliki kotak suara untuk menghasilkan suara. Ukura-kura dan penyu juga cenderung bergerak dengan tenang dalam keheningan. Mereka hanya menghasilkan suara seperti mendesis jika sedang ketakutan.

Jerapah

Jerapah merupakan salah satu hewan paling hening di dunia. Berdasarkan situs Wired, jerapah memiliki laring (kotak suara) namun mereka tidak bisa menghasilkan aliran udara yang cukup melalui trakea sepanjang empat meter untuk menggetarkan pita suara.

Sehingga jerapah sama sekali tidak mengeluarkan suara apa pun. Saat siang hari, kemampuan hening jerapah menolongnya untuk menghindari predator. Saat malam hari, mereka terkadang mendengus dengan suara yang sangat senyap sebagai sinyal memastikan kawanannya tetap bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.