Kompas.com - 09/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi buah pisang dan kandungannya freepik.com/ azerbaijan_stockIlustrasi buah pisang dan kandungannya

KOMPAS.com – Jika mendengar istilah radioaktif, yang kerap kali terbayang adalah reaksi fisika, radiasi, bom nuklir, dan zat yang berbahaya.

Tahukah kamu bahwa pisang mengandung radioaktif? Apa benar pisang mengandung radioaktif? Padahal pisang merupakan buah yang sering dikonsumsi oleh manusia setiap harinya.

Kandungan radioaktif dalam buah pisang

Pisang mengandung banyak mineral, salah satunya adalah potasium. Sedangkan potasium adalah radionuklida atau unsur radioaktif alami yang terdapat di alam. Jadi jawabannya adalah benar, pisang mengandung radioaktif.

Dilansir dari United States Environmental Protection Agency, pisang memancarkan radiasi alami sebesar 0,01 milirem atau 0,1 mikrosieverts. Radiasi tersebut dipancarkan karena kandungan zat potasium-40 dalam buah pisang.

Jika satu buah pisang memancarkan 0,1 mikroseverts radiasi, maka satu truk penuh pisang dapat memancing alarm detektor radiasi senjata nuklir.

Baca juga: Jenis-Jenis Buah Berdasarkan Tingkat Kematangannya

Tidak berbahaya bagi tubuh

Meski mengandung radioaktif, pisang tetap aman dikonsumsi tiap hari dan tidak berbahaga bagi tubuh. Hal ini karena kadar radiasi dalam pisang sangatlah kecil. 

Tubuh manusia sendiri sudah merupakan radioaktif, manusia secara alami memiliki potasium dalam tubuh.

Mengutip dari Science Focus, orang dewasa memiliki 140 gram potasium dalam tubuhnya (sekitar 16 miligramnya adalah potasium-40), hal tersebut membuat tubuh manusa 280 kali lebih radioaktif daripada pisang.

Kandungan radioaktif dalam pisang sangat kecil dibanding dengan paparan yang didapatkan tubuh manusia setiap harinya. Disadur dari University of California, paparan radiasi dua setengah buah pisang sama dengan paparan radiasi alat pemindai keamanan di bandara.

Adapun rata-rata radiasi yang diterima oleh manusia dalam satu hari adalah sekitar 10 mikrosieverts, bergantung tempatnya tinggal. Penggunaan CT Scan untuk keperluan medis juga meradiasikan sekitar 10 ribu mikrosieverts yang sama dengan total radiasi 100 ribu buah pisang.

Baca juga: Kenapa Durian Dijuluki Raja Buah?

Sehingga, paparan radiasi dari pisang tidak membahayakan bagi tubuh manusia. Dilansir dari Forbes, dibutuhkan konsumsi sepuluh juta buah pisang sekaligus atau 274 buah pisang sehari selama tujuh tahun untuk bisa mati karena radiasi pisang.

Namun, tidak mungkin mengonsumsi pisang sebanyak itu dalam satu hari. Mengonsumsi satu atau dua bua pisang setiap harinya sudah bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.