Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Lubang Hitam Menghilang dari Alam Semesta?

Kompas.com - 09/10/2021, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comLubang hitam merupakan obyek ruang angkasa yang mempunyai kekuatan gravitasi luar biasa. Tak ada satu pun obyek atau benda ruang angkasa, bahkan cahaya sekalipun yang dapat lolos dari lubang hitam atau black hole.

Karena kekuatan gravitasinya yang luar biasa, banyak yang berasumsi bahwa lubang hitam akan terus berumur panjang dan tidak akan menghilang dari alam semesta.

Benarkah demikian?

Ternyata lubang hitam bisa menghilang dari alam semesta

Melansir dari situs Astronomy, lubang hitam (black hole) bisa menghilang dari alam semesta. Namun, perlu waktu yang sangat lama. Para ahli memperkirakan waktu yang dibutuhkan agar sebuah lubang hitam menghilang sekitar 10.100 tahun.

Bertahan atau tidaknya lubang hitam sangat dipengaruhi oleh massa yang dimilikinya. Semakin besar massanya, akan semakin lama waktu yang dibutuhkan bagi sebuah lubang hitam untuk lenyap dari alam semesta.

Agar mampu bertahan hidup dan berusia panjang, lubang hitam atau black hole akan melahap bintang dan gas yang ada di sekitarnya. Dengan demikian, usia lubang hitam akan terus bertambah selama masih mampu melahap benda angkasa lainnya.

Baca juga: Apa Itu Lubang Hitam di Angkasa?

Menyusutnya lubang hitam (black hole)

Pada 1974, seorang fisikawan terkenal, Stephen Hawking memprediksi bahwa akan ada masanya lubang hitam menyusut.

Menurut teori Hawking, lubang hitam tidak sepenuhnya hitam. Karena ada partikel atau radiasi yang dipancarkannya. Dikutip dari Live Science, radiasi tersebut mampu menyedot energi dan massa yang cukup besar dari lubang hitam.

Apabila hal ini terus terjadi, sangat mungkin sebuah lubang hitam akan menyusut dan akhirnya menghilang dari alam semesta.

Adanya partikel negatif yang diserap dapat mengurangi energi dan massa yang dimiliki lubang hitam. Jika terlalu banyak menyerapnya, secara perlahan black hole akan menyusut dan akhirnya menghilang.

Walau begitu, dibutuhkan waktu ribuan tahun bagi sebuah lubang hitam berukuran besar lenyap. Obyek ruang angkasa ini hanya akan menyusut dalam jangka waktu yang sangat lama, sebelum akhirnya menghilang dari alam semesta.

Baca juga: J0313-1806, Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com