Kompas.com - 27/09/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi teman dari daerah yang sama freepik.com/jcompIlustrasi teman dari daerah yang sama
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Pertemanan merupakan bentuk sosialisasi manusia. Dalam suatu lingkungan pertemanan, terkadang ada teman yang berasal dari daerah yang sama. Apa manfaat dari memiliki teman yang berasal dari daerah yang sama?

    • Lebih mudah menyesuaikan diri

    Dilansir dari BBC, seseorang cenderung akan menyesuaikan diri dengan kelompok teman sebayanya berada. Namun, jika teman tersebut beraal dari daerah yang sama, penyesuaian diri yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

    Orang dari daerah yang sama cenderung memiliki latar belakang yang sama. Misalnya kebiasaan suatu daerah, bahasa, budaya, dan juga norma yang sama.

    Sehingga teman dari daerah yang sama akan lebih mudah menerima dibanding dengan teman dari daerah yang lain.

    Baca juga: Contoh-Contoh Kewajiban Kamu di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

    • Dapat berbicara dengan bahasa yang sama

    Komunikasi adalah hal mendasar dalam komunikasi. Manusia berkomunikasi melalui bahasa. Teman dari daerah yang sama memiliki bahasa yang sama pula, sehingga dapat berbicara dengan bahasa daerah yang sama dan mempermudah berjalannya komunikasi.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Lebih mudah berteman

    Dikutip dari Scientific American, dalam kelompok yang beragam seseorang cenderung memilih teman yang paling mirip dengan diri mereka sendiri. Manusia cenderung berteman dengan seseorang yang memiliki kemiripan dengan dirinya, salah satunya adalah daerah.

    Orang-orang dari daerah yang sama cenderung lebih mudah berteman dibanding dengan orang dari daerah berbeda. Hal tersebut dikarenakan orang dari daerah yang sama memiliki banyak kemirpan sehingga lebih mudah untuk saling mengerti dan menerima.

    Orang-orang dari daerah yang sama cenderung berteman karena perasaan senasib, terutama jika berada di perantauan.

    • Lebih sedikit pertentangan

    J. Thibaut dan H. H. Kelley dalam buku The Social Psychology of Groups (1959) menyebutkan bahwa berinteraksi dengan orang lain yang serupa lebih bisa diprediksi dibanding dengan berinteraksi dengan orang lain yang berbeda.

    Kesamaan dengan teman satu daerah, membuat seseorang lebih bisa memprediksi interaksi apa yang membuat teman tersebut senang, sedih, marah, ataupun tidak nyaman.

    Hal tersebut mengurangi adanya pertentangan karena perbedaan budaya maupun kebiasaan satu daerah dengan daerah lainnya.

    Baca juga: Manfaat dari Memiliki Teman dengan Keterampilan yang Sama

    • Lebih mudah bertemu

    Teman dari daerah yang sama tentu saja lebih mudah ditemui daripada teman dengan daerah yang berbeda. Sehingga teman tersebut lebih mudah ditemui ketika dalam kondisi senang, sulit, maupun kesepian.

    Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.