Kompas.com - 27/09/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi memiliki teman dengan keterampilan berbeda freepik.com/ snowingIlustrasi memiliki teman dengan keterampilan berbeda

KOMPAS.com – Dalam suatu lingkungan pertemanan, tidak semua teman memiliki keterampilan yang sama.

Beberapa teman memiliki keterampilan yang berbeda satu sama lain. Apa manfaat dari memiliki teman dengan keterampilan yang berbeda?

Manfaat memiliki teman dengan keterampilan berbeda adalah kita bisa belajar keterampilan yang baru. Jika dalam suatu lingkarang pertemanan, semua orang memiliki keterampilan yang berbeda. Maka, kita bisa belajar keterampilan satu-sama lain.

Manfaat memiliki teman dengan keterampilan berbeda

Manfaat lain memiliki teman dengan keterampilan berbeda adalah:

  • Mengembangkan keterampilan baru

Jennifer Flashman dalam jurnal Academic Achievement and Its Impact on Friend Dinamics (2012), teman memberikan dukungan dan sumber daya yang menorong proses pendidikan pada anak.

Teman dengan keterampilan berbeda dapat memiliki sumber daya dan dukungan yang dapat membantu kita untuk mengembangkan keterampilan baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Manfaat dari Memiliki Teman dengan Keterampilan yang Sama

Mempelajari keterampilan baru dari seorang teman, lebih mudah dilakukan karena berteman meningkatkan suasana hati yang baik.

Selain belajar keterampilan baru, berteman juga mengembangkan keterampilan sosial. Teman dengan keterampilan berbeda memiliki cara pandang, pola pikir, dan kebiasaan yang berbeda pula, sehingga sering terjadi perbedaan dalam persahabatan.

Perbedaan tersebut melahirkan suatu pengalaman. Gary C. Glick dan Amanda J. Rose dalam jurnal Prospective Associations Between Friendship Adjustment and Social Strategies: Friendship as a Context for Building Social Skills (2011) menyebutkan bahwa pengalaman persahabatan tersebut mengembangkan keterampilan sosial seorang anak.

Misalnya kemampuan diskusi, toleransi, memaafkan, cara menyenangkan orang lain dan diri sendiri, serta cara menyesuaikan diri dalam lingkungan sosial. Membuat anak lebih siap untuk terjun ke masyarakat.

  • Meningkatkan kemampuan belajar

Berteman dengan orang yang memiliki keterampilan berbeda, meningkatkan kemampuan belajar seorang anak.

Hal tersebut karena teman dengan kemampuan berbeda meningkatkan motivasi untuk belajar, memberikan suasana menyenangkan, dan memiliki ilmu yang bisa dibagikan juga bisa menyampaikannya dengan cara yang lebih mudah dipahami tanpa adanya tekanan.

Baca juga: Contoh-Contoh Kewajiban Kamu di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

  • Mendorong pemikiran yang terbuka

Teman dengan keterampilan yang berbeda dapat mendorong kita untuk memiliki pemikiran yang terbuka.

Hal tersebut dikarenakan keterampilan yang berbeda, melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda pula. Hal tersebut melahirkan ide baru dan konsep berpikir kritis untuk memecahkan masalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.