Kompas.com - 24/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan freepik.com/jcompIlustrasi keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan

KOMPAS.comKeragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan, artinya sifat majemuk yang ada di masyarakat dijadikan modal utama untuk melaksanakan pembangunan nasional.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keragaman bisa diartikan sebagai suatu hal yang memiliki banyak ragam. Keragaman sosial budaya adalah kondisi masyarakat yang terdiri atas berbagai latar belakang yang beragam atau berbeda.

Keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan

Makna pernyataan keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan menurut Baso Madiong dalam buku Sosiologi Hukum: Suatu Pengantar (2014), di mana suatu negara yang masyarakatnya memiliki agama, budaya, bahasa, ekonomi, pendidikan yang beragam akan menjadikan negara itu kuat. Karena setiap masyarakat memiliki identitas dan ciri uniknya masing-masing.

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi agar keragaman sosial budaya dapat menjadi modal pembangunan. Syarat tersebut haruslah dipenuhi oleh setiap masyarakat dalam sebuah negara.

Baca juga: Manfaat Keragaman Sosial Budaya bagi Masyarakat di Beberapa Bidang

Mengutip dari buku Keragaman dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa (2020), agar keragaman sosial budaya dapat menjadi modal pembangunan, masyarakatnya harus mau menghormati keragaman yang ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya masyarakat siap menerima dan menghargai perbedaan atau bentuk keragama yang ada. Contohnya dengan toleransi, menghormati sesama, tidak bermusuhan, dan sebagainya.

Apabila masyarakat sebuah negara tidak bisa menghormati atau menghargai keragaman yang ada, maka keragaman sosial budaya tidak bisa menjadi modal pembangunan.

Contoh pendapat tentang pernyataan “Keragaman Sosial Budaya menjadi Modal Pembangunan Nasional” adalah: 

Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena menurut saya, pernyataan “keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan nasional”, bisa terjadi asalkan masyarakatnya terbuka dan mau menghargai keragaman serta perbedaan yang ada. Hal ini tidak hanya menjadi modal penting, namun juga dapat memperkuat sebuah negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.