Kompas.com - 27/09/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi memiliki teman yang berasal dari daerah berbeda freepik.com/ artursafronovvvvIlustrasi memiliki teman yang berasal dari daerah berbeda

KOMPAS.com – Indonesia merupakan negara yang beragam karena terdiri dari banyak daerah dengan adat-istiadat, bahasa, kebiasaan, dan kepercayaan yang berbeda pula.

Sehingga tidak jarang kita memiliki teman yang erasal dari daerah berbeda. Apa manfaat dari memiliki teman yang berasal dari daerah yang berbeda?

Manfaat memiliki teman berbeda daerah

Beberapa anfaat memiliki teman yang berasal dari daerah yang berbeda adalah:

  • Memupuk rasa saling menghargai dan menghormati

Teman dengan asal daerah yang berbeda memiliki perbedaan budaya, adat-istiada, bahasa, kebiasaan, ras, maupun suku bangsa yang berbeda pula. Sehingga dibutuhkan rasa saling menghargai dan menghormati untuk membentuk pertemanan yang harmonis.

Baca juga: Manfaat dari Memiliki Teman dengan Keterampilan yang Sama

  • Meningkatkan keterampilan sosial

Berteman dengan teman dari daerah yang berbeda meningkatkan keterampilan sosial. Menurut Owen Hargie dalam buku Social Skills in Interpersonal Communication (1994), keterampilan sosial memungkinkan seseorang untuk mengungkapkan perasaan baik yang sifatnya positif atau negatih dalam hubungan interpersonal, tanpa harus melukai orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keterampilan sosial tersebut datang dari pengalaman seseorang mengatasi perbedaan dalam pertemanan. Saat berteman dengan orang dari daerah yang berbeda, sering kali terjadi perbedaan dan tidak jarang perselisihan.

Dari situlah, seseorang mempelajari keterampilan sosial yang membuatnya lebih siap terjun ke masyarakat luas.

  • Kemampuan menyesuaikan diri

Dilansir dari BBC, manusia cenderung menyesuaikan diri dengan lingkungan pertemanannya. Teman dari daerah yang berbeda memiliki pandangan, pola pikir, kebiasaan, kepercayaan, atau ras yang berbeda, membuat kita harus melakukan penyesuaian.

Kemampuan menyesuaikan diri sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Dengan kemampuan tersebut manusia lebih mudah merasa nyaman dan diterima dalam suatu lingkungan yang baru.

Baca juga: Berbagai Kegiatan Disaat Menunggu Teman

  • Memperluas informasi

Salah satu manfaat dari pertemanan adalah mendapat informasi. Menurut E. Mannix dan M. A. Neale dalam buku What Differences Make a Difference? Psychological Science in the Public Interest (2005) menyebutkan bahwa seseorang memperoleh informasi yang lebih baik dari teman yang memiliki latar belakang, jaringan, informasi, dan keterampilan yang berbeda.

Hal tersebut karena teman dari daerah yang berbeda mempunyai cara pandang, pendapat, pola pikir yang berbeda pula. Sehingga bisa memberikan persepsi baru dalam memecahkan masalah.

Teman dengan asal daerah yang berbeda dapat mengajarkan bahasa, kebiasaan, kebudayaan, makanan, adat-istiadat, juga pandangan yang berbeda pula. Hal tersebut dapat memperluas informasi dan wawasan seseorang.

  • Memperluas relasi

Berteman dengan orang dari daerah lain memperluas relasi. Semakin banyak teman dari daerah lain, maka semakin luas relasi yang dimiliki seseorang.

Relasi tersebut kemudian akan berguna dikemudian hari baik dalam hal sekolah, kerja, bisnis, maupun hal tidak diduga seperti masalah dan kecelakaan.

Baca juga: Bagaimana Cara Kita Membantu Teman yang Tidak Memiliki Mainan?

  • Membantu menegakan hak asasi manusia (HAM)

Berteman dengan seseorang yang berlatar belakang berbeda, membantu pembentukan sikap toleransi, saling menghargai, dan saling menghormati. Hal tersebut secara tidak langsung turut menegakan hak asasi manusia.

Sebagamana yang tercantum dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia Pasal 1 bahwa semua manusia dilahirkan bebas dan setara dalam hal martabat dan hak.

Mereka diberkahi dengan akal dan hati nurani dan harus bertindak terhadap satu sama lain dalam semangat persaudaraan.

Berteman dengan orang yang berasal dari daerah berbeda, membantu kita untuk melihat bahwa semua manusia adalah setara dan memperkuat kunci dari prinsip HAM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.