Kompas.com - 24/09/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi manfaat keberagaman sosial budaya KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi manfaat keberagaman sosial budaya

KOMPAS.comKeragaman sosial budaya adalah kondisi masyarakat dengan latar belakang sosial dan budaya yang berbeda. Keragaman sosial budaya membawa sejumlah manfaat bagi masyarakat di berbagai bidang.

Menurut Raden Nurhayati dalam jurnal Pengaruh Keragaman Sosial Budaya dan Daerah Objek Wisata terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik (2019), masyarakat Indonesia sangatlah majemuk, karena terdiri atas beranekaragam kehidupan sosial dan budaya.

Manfaat keragaman sosial budaya di berbagai bidang

Keragaman sosial budaya dapat membawa manfaat bagi masyarakat, jika disikapi dengan baik. Artinya walau berada dalam kondisi majemuk atau beragam, masyarakat hendaknya mampu menerapkan sikap toleransi dan saling menghormati.

Salah satu manfaat keberagaman sosial budaya bagi masyarakat, misalnya untuk menarik para wisatawan asing dan dalam negeri berkunjung. Berikut manfaat lainnya berdasarkan situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yaitu:

Baca juga: Contoh Keberagaman di Rumah dan Cara Menyikapinya

Bidang sosial

Manfaat keberagaman sosial budaya bagi masyarakat di bidang sosial adalah:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Tali persaudaraan dengan masyarakat semakin kuat
    Kehidupan sosial dan budaya yang beragam dapat memperkuat tali persaudaraan di antara masyarakat. Hal ini juga dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.
  2. Melatih sikap toleransi
    Agar kondisi masyarakat tenteram dan harmonis, masyarakat hendaknya menumbuhkan dan melatih sikap toleransi kepada sesama.

Bidang budaya

Manfaat keberagaman sosial budaya bagi masyarakat di bidang budaya, yaitu:

  • Memperkaya budaya nasional

Keragaman sosial dan budaya dapat memperkaya budaya nasional. Karena keragaman bersifat majemuk atau terdiri atas berbagai identitas budaya yang beranekaragam.

  • Menjadi identitas sebuah negara

Adanya keragaman sosial dan budaya juga menjadikan sebuah negara mempunyai identitas unik. Identitas ini muncul dari latar belakang kehidupan masyarakat yang majemuk atau beragam.

Baca juga: Peran Pancasila dalam Keberagaman Bangsa

Bidang ekonomi

Manfaat keberagaman sosial budaya bagi masyarakat di bidang ekonomi, yakni:

  • Sumber pendapatan pariwisata

Kondisi keberagaman membuat tiap daerah memiliki kehidupan sosial dan budaya yang berbeda. Hal ini memunculkan potensi baru, yakni pariwisata.

Dengan demikian warga daerah ataupun wisatawan asing bisa berkunjung ke daerah tersebut untuk berwisata serta mempelajari budayanya.

  • Menarik wisatawan asing

Keragaman sosial budaya menjadi daya tarik, khususnya bagi wisatawan asing. Selain bermanfaat untuk mengenalkan kekayaan budaya, hal ini juga bisa meningkatkan pendapatan negara dan daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.